Top Label

Bahaya Menjemur Pakaian Di Dalam Rumah

Bahaya Menjemur Pakaian Di Dalam Rumah
Bahaya Menjemur Pakaian Di Dalam Rumah


Bahaya Menjemur Pakaian Di dalam Rumah - Matahari memang tak lepas dari kebutuhan manusia salah satunya bisa dimanfaatkan sebagai pengering pakaian. Pasalnya matahari memang lebih hemat biaya dibandingkan dengan menggunakan mesin pengering. Namun bila musim penghujan sedang menjamu di Indonesia, pakaian kita kadang tidak kering sehingga dengan terpaksa kita memasukkannya ke dalam rumah/ruangan hingga kering. Nah, tahukah Anda bahaya menjemur pakaian di dalam ruangan?


Glasgow School of Art telah melakukan penelitian selama 3 tahun dan telah mengungkap bahwa menjemur pakaian di dalam ruangan dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Kelembapan suatu ruangan rata-rata adalah 5-10 liter, jika Anda memasukkan pakaian yang belum kering ke dalam ruangan maka membuat kelembapan ruangan akan bertambah. Dan hal ini tentu saja bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan kita.


Bahaya Bahan Kimia dari Detergen/Pelembut pakaian


Anda patut waspada dengan kandungan kimia pelembut pakaian yang bernama acetaldehydes. Bahan kimia tersebut akan terlepas ke udara disekitar ruangan dalam jumlah banyak. Kandungan kimia tersebut bisa menjadi pemicu penyakit kanker yang bisa saja menyerang Anda.


Jamur atau Spora juga akan tumbuh lebih cepat ketika Anda menjemur pakaian dalam rumah. Jamur-jamur tersebut biasanya akan menyerang seseorang yang memiliki sistem imun/kekebalan tubuh yang lemah. Spora tersebut akan membuat paru-paru seseoarang terinfeksi. Selain itu rumah yang lembab bisa menyuburkan pertumbuhan tungau yang dapat menjadi pemicu penyakit asma dan alergi.


Nah, untuk menghindari berbagai ancaman penyakit di atas yang ada kaitannya dengan penjemuran pakaian di dalam ruangan, anda bisa mengikuti 2 tips ini. 

  1. Pertama, Anda bisa membuat tempat khusus di halaman belakang yang diberi atap khusus untuk menjemur pakaian. 
  2. Kedua, jika Anda dana lebih tak ada salahnya jika menggunakan mesin pengering pakaian. Namun jangan lupa untuk rajin membersihkan filter pada mesin pengering guna mengurangi beban energi yang digunakannya.

#Kesehatan
EDY SYAM 17 Des 2022 Last Updated 2022-12-17T01:39:04Z
Komentar

Tampilkan