Top Label

13 Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan

13 Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan
Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan 

Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur populer yang nyaris ada di setiap dapur masyarakat Indonesia. Sudah sejak lama bumbu dapur ini terkenal selain menjadi bumbu utama untuk masakah khas Indonesia, juga terkenal karena banyak memiliki khasiat untuk pengobatan alami dan penyembuhan berbagai penyakit dengan resep Tradisional


Berikut beberapa Khasiat Bawang Merah yang mungkin dapat anda manfaatkan untuk berbagai pengobatan.


1. Meredakan Demam


Parutan bawang yang dioleskan pada kepala dan dahi, dapat meredakan meredakan penyakit demam serta meredakan panas tubuh. Pengalaman empiris tersebut telah dibuktikan dan benar adanya, sebab secara farmakologis bawang merah bersifat sebagai antipiretik yang dapat secara cepat menurunkan suhu Tubuh


2. Anti-Inflamasi dan Anti-Alergi


Bumbu dapur ini juga memiliki anti inflamasi dan antihistamin yang dapat diandalkan dan telah terbukti keampuhannya.


Uji kimiawi membuktikan adanya senyawa aktif pada bawang merah berupa quercitin. Secara farmakologi quercitin diketahui sebagai senyawa yang bekerja aktif dalam menghambat inflamasi dan pelepasan histamin. Kemampuan anti inflamasi sangat penting untuk mencegah peradangan, sedangkan antihistamin yang dimiliki akan mencegah terjadinya alergi.

 

3. Anti Kanker


Tidak hanya berkhasiat mengobati, khasiat bawang ini juga bisa mencegah penyakit membahayakan sekalipun. Selain itu, quercitin juga dikenal sebagai anti kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Cancer menyebutkan bahwa dalam uji di tabung diketahui quercitin yang diekstrak dari bawang merah mampu menghambat perkembangan sel kanker kulit dan kanker prostat hingga 90% dalam waktu 48 jam. Kandungan belerang dalam bawang dapat mencegah kanker prostat dan pembentukan sel kanker. Kecuali itu, bawang merah segar juga bisa melindungi dada, perut, paru-paru, dan kolon.


4. Melancarkan Dahak


Jika anda batuk, cobalah makan bawang ini secara mentah. Tenggorokan anda akan lega karena dahak terpacu keluar.


Senyawa ekspektoran yang ada dalam bawang membantu mengeluarkan lendir.


Lendir inilah yang menyumbat saluran pernafasan yang menjadi pemicu batuk dan pilek. Bumbu dapur ini juga berperan


sebagai anti kuman yang akan menghambat kuman penyebab TBC seperti Mycbacterium tuberculosis.


5. Menghambat Perkembangan Virus Influenza Tipel


Virus ini relatif sulit disembuhkan olehantibiotik konvensional karena mudah sekali bermutasi menjadi straln

baru yang kebal. Khasiat bawang mentah lebih baik daripada bawang  yang dimasak. Untuk itu untuk terapi pengobatan, selalu gunakan bawang  mentah yang segar untuk berbagai terapi pengobatan yang anda lakukan.


6. Memecahkan wasir


Selain itu bawang juga mengandung serat yang bisa menghilangkan racun dan kotoran keras yang merekat di usus – sehingga bisa melancarkan pencernaan.


7. Membatasi diabetes


Flavonoid dalam bawang yang berwarna merah ini menolong mengobati banyak penyakit, salah satunya yaitu diabetes. Sebagian penelitian juga menonjolkan manfaat bawang  yang meningkatkan produksi insulin dan menolong membatasi berat badan yang berkaitan dengan diabetes. Sifat tertentu dari bumbu dapur ini menolong menstimulasi sekresi insulin, yang menurunkan respons inflamasi yang berkaitan dengan diabetes.


8. Menyehatkan jantung


Selain itu, bawang yang berwarna merah ini bisa membuka arteri yang tertutup dan membatasi tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, mengonsumsi bawang secara teratur bisa mencegah penyakit jantung koroner.


9. Menjaga tingkat kolesterol


Kandungan sulfur asam amino dan methylallyl sulfida dalam bawang berwarna merah ini juga berkhasiat mengurangi tahapan kolesterol jahat. Nah, bagi Anda yang mengalami kolesterol, mulai kini rutinlah makan bawang mentah ini.


10. Detoksifikasi


Manfaat lain dari bumbu dapur ini bisa meningkatkan sirkulasi darah, yang memainkan peran penting dalam buang racun dari aliran darah, sehingga menolong detoksifikasi. khasiat bawang merah juga menstimulasi enzim pencernaan, mereka yaitu unsur penting untuk detoksifikasi hati.


11. Meningkatkan kesehatan otak


Salah satu manfaat lainnya yang luar biasa yaitu bisa meningkatkan kesehatan otak yaitu kehadiran folat. Ini yaitu salah satu dari delapan vitamin B, dan itu meningkatkan fungsi otak dengan berkontribusi pada kesehatan mental dan emosi. Asam folat juga melindungi DNA dan RNA tubuh.


Nutrisi penting lainnya dalam bumbu dapur ini yaitu zat besi, yang juga sangat penting untuk fungsi otak. Tanaman ini juga mengandung senyawa lain yang disebut pyrithione, yang ditemukan untuk melawan peradangan otak dan meningkatkan kesibukan neurologis. Sifat-sifat anti-radang dari tanaman bawang berwarna merah ini juga bisa menolong mencegah Alzheimer – kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, juga bisa menenangkan saraf dan mengobati iritasi saraf.


12. Meningkatkan kesehatan tulang


Satu studi pada wanita pra dan pascamenopause menonjolkan bahwa mengonsumsi bumbu populer ini bisa meningkatkan kepadatan tulang. Mereka yang mengonsumsi bawang ini sekali sehari akan lebih memiliki kepadatan tulang yang 5% lebih besar ketimbang yang jarang mengonsumsinya


Walaupun kita membutuhkan lebih banyak penelitian untuk membentuk dasar konkret, ada penelitian yang menyatakan wanita yang lebih tua mengonsumsi bawang merah secara teratur bisa mengurangi risiko patah tulang pinggul sebanyak 20%. Bawang ini juga bisa menolong mencegah osteoporosis dan meningkatkan kesehatan gigi.


13. Meningkatkan imunitas


Protein dan peptida dalam tanaman ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Khasiat bawang berwarna merah ini juga memiliki efek antioksidan – yang menolong melawan penyakit dan infeksi awam. Sebagian penyakit ini termasuk pilek, flu, demam, dan bronkitis.


Sekiranya Anda tak suka mengonsumsi dalam keadaan mentah, sebaiknya siasati dengan mencampurkan bawang merah ke dalam makanan kesukaan Anda seperti, pecel, urab, burger, atau salad sayur.


Tips setelah makan bawang, langsung sikat gigi untuk menghindari munculnya bau tak sedap setelah mengunyah bawang merah.


Semoga bisa bermanfaat untuk anda dalam menjaga kesehatan ke depannya. Share artikel ini bila menurut anda bermanfaat.

#Kesehatan#Manfaat Buah
EDY SYAM Rabu, 05 Oktober 2022 Last Updated 2022-10-05T00:23:33Z
Komentar

Tampilkan