Top Label

33+ Cara Menghilangkan Stress Secara Alami dan Mudah

 

cara menghilangkan stress pada remaja, cara menghilangkan stres menurut islam, cara mengatasi stress psikologi, cara menghilangkan banyak pikiran, cara menghilangkan stres pada wanita, cara menghilangkan stres pria, cara mengatasi stres dan depresi, cara menghilangkan stress dan cemas, cara menghilangkan stress, cara menghilangkan stres pikiran, cara menghilangkan stres pada wanita, cara menghilangkan stres karena masalah keluarga, cara menghilangkan stres pada kucing, cara menghilangkan stress pada kucing, cara menghilangkan stres dengan pasangan


Cara Menghilangkan Stres - Perkembangan zaman yang sangat pesat saat ini tentunya memberikan pengaruh yang cukup besar pada kehidupan manusia. Salah satu dampak yang bisa dirasakan oleh semua orang adalah semakin banyak dan besarnya tuntutan hidup yang harus diselesaikan atau dipenuhi setiap hari. Sebagai contoh saat ini jadwal kerja menjadi lebih padat karena banyaknya tugas yang harus diselesaikan.


Tak hanya pada bidang pekerjaan saja, kepadatan jadwal juga berdampak pada bidang pendidikan di mana seluruh siswa harus menjalani sistem sekolah full day. Di mana hal tersebut mewajibkan setiap siswa untuk berada dan belajar di sekolah mulai dari pukul 7 pagi hingga pukul 4 sore. Oleh karena itu wajar saja apabila tingkat stres seseorang saat ini cenderung lebih tinggi. Sehingga anda perlu mengetahui beragam cara menghilangkan stres yang kreatif agar dapat segera bermanfaat.


Baca juga : 13+ Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dalam 5 Menit Dengan Cepat Mudah dan Alami


Berikut beragam cara menghilangkan stres dan depresi yang mungkin dapat anda coba terapkan :


1. Konsumsi air jahe secara rutin


Seperti yang anda ketahui bahwa jahe merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan manusia. Jahe sendiri terkenal sebagai salah satu obat alami yang ampuh menyembuhkan gejala masuk angin. Selain itu pada ibu hamil, jahe dapat meringankan kondisi mual muntah yang sering dialami di trimester pertama kehamilan. Ternyata mengonsumsi air rebusan jahe secara rutin juga bisa membantu menurunkan tingkat stres pada diri seseorang. Sebab terdapat salah satu zat aktif yang disebut dengan gingerol yang mampu menstimulasi efek menenangkan.


2. Konsumsi Teh Camomile di pagi hari


Pagi hari merupakan saat-saat yang krusial bagi tubuh manusia. Karena saat pagi, tubuh manusia bersiap untuk melakukan aktivitas yang melelahkan sepanjang hari. Sehingga pada pagi hari sangat disarankan untuk selalu mengonsumsi sarapan agar tubuh memiliki energi yang cukup. Selain itu mengonsumsi Teh Camomile juga terbukti ampuh untuk memberikan rasa ketenangan di dalam diri sebelum menjalankan aktivitas yang berat.


3. Jauhi minuman beralkohol


Pada umumnya saat seseorang dilanda perasaan sedih atau marah maka hal yang paling sering dilakukan adalah mengonsumsi minuman beralkohol. Minuman beralkohol memberikan efek yang memabukkan serta membuat si peminum menjadi mudah mengantuk. Sehingga hal tersebut dipercaya dapat mengistirahatkan tubuh sejenak dari stres yang melanda. Namun efek setelah meminum alkohol yakni pusing, hilang keseimbangan, dan mual justru dapat meningkatkan stres di dalam diri karena tubuh merasa tidak nyaman.


4. Hindari rokok


Bagi kaum pria salah satu cara yang dianggap paling ampuh untuk cara menghilangkan stres pikiran yang dirasakan adalah dengan merokok. Pada beberapa penelitian memang terbukti bahwa rokok dapat memberikan efek penenang yang cukup berpengaruh dalam waktu singkat. Hal tersebut karena di dalam rokok terdapat zat nikotin yang akan bereaksi sebagai penenang apabila dicampur dengan konsumsi kafein pada kopi. Tetapi percayalah bahwa rokok akan semakin memberikan efek yang buruk bagi kesehatan fisik anda yang justru berpotensi memperparah stres yang anda rasakan.


5. Batasi konsumsi kafein


Kafein merupakan salah satu zat yang paling banyak dikonsumsi oleh manusia saat ini. Karena kafein terkandung pada semua jenis kopi dan Teh di mana kedua minuman tersebut sangat disukai. Konsumsi kafein secara berlebihan memang sangat tidak disarankan karena dapat menghambat tubuh melakukan penyerapan terhadap zat besi. Selain itu salah satu fakta mengejutkan yang baru saja didapatkan dari sebuah penelitian di Duke University adalah kafein dapat memperburuk stres.


6. Konsumsi makanan kaya Omega 3


Seperti yang anda ketahui bahwa salah satu cara yang paling efektif untuk memiliki jiwa dan pikiran yang sehat adalah dengan memiliki fisik yang sehat. Oleh karena itu anda selalu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan menyehatkan yang kaya akan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Untuk bisa meredakan atau menghilangkan stres yang anda rasakan maka sangat disarankan menambah asupan makanan yang kaya akan omega 3. Asam lemak yang baik dalam Omega 3 akan membantu menyehatkan otak anda. Sehingga anda akan memiliki pola pikir yang lebih baik.


7. Rutin konsumsi vitamin minyak ikan


Seperti yang anda ketahui bahwa pada pembahasan sebelumnya disarankan untuk memperbanyak asupan makanan yang mengandung omega 3. Karena omega 3 sangat ampuh untuk meredakan tingkat stres di dalam diri seseorang. Namun apabila anda tidak memiliki waktu untuk mengolah makanan, maka anda sebaiknya mengonsumsi vitamin yang terbuat dari minyak ikan secara rutin. Selain dapat memperbaiki stres di dalam diri, konsumsi vitamin tersebut juga ampuh untuk tingkatkan imunitas tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.


8. Selalu sedia Daun Mint


Daun mint merupakan salah satu bahan makanan yang sering dipergunakan di berbagai olahan seperti kue dan minuman. Namun ternyata hingga saat ini banyak yang tidak mengetahui bahwa daun mint memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Daun mint sendiri mengandung beberapa zat anti inflamasi, antioksidan, dan stimulan hormon yang mampu untuk menciptakan efek relaksasi saat dikonsumsi. Selain itu daun mint ternyata juga sangat ampuh untuk memperbaiki kinerja hormon yang kurang seimbang serta menurunkan kadar kecemasan di dalam diri.


9. Sediakan aromaterapi


Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu panca indera manusia yang paling sensitif adalah hidung. Sebab hidung mampu untuk mencium berbagai macam aroma yang langsung diterjemahkan oleh otak. Sehingga aroma-aroma yang kurang sedap dipercaya sebagai salah satu pemicu munculnya rasa ketidaknyamanan di dalam diri seseorang. Oleh karena itu mencium aroma terapi yang berbau peppermint, vanilla, dan lain-lain dapat memberikan ketenangan di dalam diri sehingga stres juga akan semakin menurun.


10. Penuhi kebutuhan cairan perhari


Salah satu kewajiban yang harus dilakukan setiap orang untuk menjaga kesehatannya adalah mengonsumsi air minimal 8 gelas per hari. Salah satu dampak buruk dari kekurangan cairan harian adalah dehidrasi. Di mana seseorang yang dehidrasi akan mudah merasa lelah dan lesu sehingga tidak dapat menjalankan aktivitas dengan baik. Selain itu dalam beberapa studi yang dilakukan membuktikan bahwa seseorang yang dehidrasi akan mudah dilanda stres yang berkepanjangan.


11. Jangan menunda waktu makan


Salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan seseorang saat sedang dilanda kesibukan adalah menunda waktu makan. Padahal baik disadari atau tidak hal tersebut memiliki segudang dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Seperti meningkatnya asam lambung dan tubuh yang kehabisan energi. Sehingga otak tidak dapat berkonsentrasi dengan baik yang akhirnya justru memperlambat pekerjaan anda. Pekerjaan yang tidak selesai ini sangat mungkin untuk memberikan tekanan yang berdampak pada naiknya tingkat stres di dalam diri.


12. Berendam air hangat


Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu cara yang paling ampuh untuk mengusir rasa lelah adalah dengan berendam di air hangat. Karena air hangat terbukti mampu untuk memperlancar peredaran darah. Selain itu, air hangat juga mampu untuk memberikan efek yang menenangkan untuk tubuh. Sehingga mandi air hangat setelah aktivitas yang melelahkan menjadi salah satu yang patut anda coba.


13. Mencoba mengikuti kelas yoga


Bagi anda yang tidak menyukai rutinitas olahraga yang terlampau berat maka anda bisa mencoba untuk ikut kelas yoga secara rutin. Sebab salah satu target utama dari setiap gerakan yoga adalah untuk merelaksasi tubuh dan juga menciptakan efek yang menenangkan. Terdapat beberapa gerakan dalam yoga yang secara khusus dipercaya dapat mengurangi stres di antaranya adalah Camel pose, Triangle pos, dan Sukhasana.


14. Sediakan waktu untuk pijat relaksasi


Salah satu faktor tingginya tingkat stres di dalam diri manusia disebabkan karena rasa lelah fisik yang diakibatkan oleh aktivitas padat. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika anda meluangkan sedikit waktu di akhir pekan untuk pijat relaksasi. Karena hal tersebut dapat memperlancar peredaran darah, mengendurkan otot-otot yang tegang, dan menimbulkan sensasi yang menenangkan.


15. Menulis diary


Salah satu cara menghilangkan stres pada remaja yang ampuh adalah dengan meluapkan semua hal yang sedang kita rasakan. Sebagian orang memilih untuk menceritakan masalah tersebut kepada keluarga atau sahabat terdekat. Namun bagi sebagian orang menulis sebuah diary merupakan cara yang paling ampuh. Sebab kita bisa menuliskan apa saja baik hal buruk atau baik tanpa harus berhati-hati dalam berkata. Sehingga hal tersebut tentunya akan membuat pikiran lebih tenang dan bisa menurunkan stres.


16. Mencoba teknik meditasi


Cara menghilangkan stres pada wanita selanjutnya yang juga mudah untuk anda praktikan di mana saja adalah dengan menerapkan teknik pernapasan dasar dalam meditasi. Teknik pernapasan dipercaya mampu untuk menciptakan efek relaksasi pada tubuh manusia. Sehingga sangat bermanfaat untuk menurunkan amarah di dalam diri maupun stres yang dirasakan.


17. Olahraga rutin


Tentunya anda sudah mengetahui bahwa seluruh pakar kesehatan di dunia selalu menyarankan untuk olahraga rutin setiap hari. Selain sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik ternyata saat tubuh berolahraga maka ada hormon yang terstimulasi. Hormon tersebut adalah endorfin yang mampu menciptakan perasaan nyaman dan bahagia. Sehingga ampuh untuk mengurangi stres di dalam diri.


18. Sediakan me time


Saat ini masih banyak orang yang salah kaprah bahwa me time bukanlah hal yang penting. Padahal menyisihkan waktu selama 30 menit saja untuk melakukan hal yang anda sukai memiliki dampak yang besar bagi tubuh. Waktu me time tentunya akan membuat anda beristirahat sejenak dari aktivitas yang melelahkan. Sehingga rasa stres pun dapat dikurangi dengan cepat.


Baca juga : 21+ Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami, Mudah dan Ampuh


19. Memiliki hewan peliharaan


Selain belajar untuk peduli dengan sesama, memiliki hewan peliharaan juga terbukti ampuh untuk menurunkan stres. Karena perilaku-perilaku hewan yang lucu mampu membuat anda menjadi merasa senang dan melupakan hal yang memberikan tekanan pada diri anda.


20. Manfaatkan waktu kumpul bersama


Cara menghilangkan stres karena masalah keluarga selanjutnya yang juga ampuh adalah selalu sempatkan waktu untuk berkumpul bersama teman atau keluarga. Karena dengan begitu anda akan lebih sering tertawa dan melupakan hal-hal yang membuat anda merasa stres.


21. Memanfaatkan sinar matahari pagi


Selain mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang, sinar matahari pagi ternyata juga ampuh untuk merangsang produksi hormon serotonin pada tubuh manusia. Di mana hormon ini mampu untuk menciptakan ketenangan di dalam diri sehingga ampuh untuk meminimalisir stres.


22. Terapkan pola tidur yang baik


Saat tubuh kekurangan waktu yang cukup untuk istirahat maka berbagai masalah akan muncul seperti kesulitan berkonsentrasi, kehilangan tega, mudah lelah, dan lain-lain. Sehingga hal tersebut membuat anda susah untuk beraktivitas serta ampuh untuk meningkatkan stres di dalam diri.


23. Terapkan teknik pernapasan untuk relaksasi


Teknik pernapasan sendiri telah terbukti mampu untuk mengatasi berbagai macam masalah baik secara fisik maupun jasmani. Misalnya saja pernapasan yang baik mampu untuk mengontrol rasa sakit saat hendak melahirkan atau bahkan mampu untuk menurunkan kadar asam lambung. Selain itu tingkat stres juga bisa diturunkan dengan melakukan teknik pernapasan secara rutin.


24. Membaca buku


Cara mengatasi stres dan depresi selanjutnya yang tak kalah unik adalah membaca buku baik komik, buku pengetahuan, novel, dan lain-lain. Sebab dalam sebuah penelitian didapatkan bahwa membaca buku selama 5 menit mampu untuk menurunkan tingkat stres sebanyak 68%.


25. Mendengarkan musik selama 15 menit


Dalam sebuah penelitian didapatkan hasil bahwa mendengarkan musik mampu merangsang pembentukan hormon endorfin. Di mana hormon ini secara ampuh dapat memunculkan rasa bahagia dan mengurangi stres.


26. Bermain game. Cara ini juga bisa anda terapkan dengan mudah karena


Banyak sekali jenis-jenis game yang dapat anda mainkan dari HP. Selain itu cara ini juga ampuh hilangkan stres karena membuat diri anda merasa senang.


27. Jangan pernah menunda pekerjaan


Menunda pekerjaan dan membuat semuanya tertumpuk menjadi satu justru sangat buruk bagi kesehatan mental anda. Sebab pekerjaan yang tak kunjung diselesaikan justru akan menambah beban pikiran.


28. Terlibat dalam kegiatan keagamaan


Kegiatan keagamaan yang dimaksud tentunya sangat bervariasi namun seluruhnya ampuh untuk menciptakan ketenangan di dalam diri. Di mana ketenangan ini adalah kunci utama untuk mengatasi stres yang memuncak.


29. Memiliki target hidup yang jelas


Hidup tanpa tujuan yang jelas tentunya akan membuat anda menjadi orang yang tak tentu arah dalam menjalankan aktivitas harian. Sehingga hal tersebut justru akan menambah beban pikiran anda.


30. Selalu bersyukur


Cara menghilangkan stres menurut islam yang juga ampuh adalah selalu berusaha untuk merasa bersyukur dengan banyak-banyak melihat orang yang jauh lebih susah di sekitar kita. Dengan begitu kita tidak mudah merasa stres saat diterpa masalah.


31. Terapkan sugesti positif


Sugesti positif menjadi salah satu cara mengatasi stress psikologi yang terbukti ampuh untuk menyemangati diri sendiri. Selain itu sugesti positif juga ampuh menurunkan tingkat stres akibat tekanan-tekanan kehidupan.


32. Jangan menyimpan amarah


Menyimpan amarah dalam waktu yang lama hanya akan merugikan diri anda sendiri. Karena amarah berdampak buruk baik bagi kesehatan fisik maupun kesehatan mental yang akan memperburuk stres yang anda rasakan.


33. Selalu ingat untuk tersenyum


Tersenyum ternyata ampuh untuk menciptakan rasa senang di dalam diri sehingga hal tersebut mampu membantu tubuh untuk menurunkan tingkat stres di dalam diri.


34. Yakin pada kemampuan diri sendiri


Cara menghilangkan stres dan cemas yang terakhir adalah selalu yakin pada kemampuan diri anda. Sebab keyakinan tersebut akan membantu anda menyelesaikan berbagai macam persoalan dan terhindar dari stres yang berlebihan.


Berbagai macam cara menghilangkan stres tersebut tentunya sangat mudah untuk anda terapkan sehari-hari. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi anda untuk selalu merasa stres dan tertekan di dalam kehidupan karena akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi tubuh. Demikian artikel ini semoga dapat bermanfaat untuk anda.

#Tips Sehat
EDY SYAM Jumat, 05 Agustus 2022 Last Updated 2022-08-04T22:29:10Z
Komentar

Tampilkan