19+ Cara Menghilangkan Kutu di Rambut Yang Ampuh dan Alami

EDY SYAM
0

 

19+ Cara Menghilangkan Kutu di Rambut Yang Ampuh dan Alami
Cara Menghilangkan Kutu di Rambut Yang Ampuh dan Alami

Cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen cukup mudah, yang Anda butuhkan adalah kegigihan dalam melakukan pengobatan. Seperti yang Anda ketahui jika kutu rambut adalah masalah yang sering muncul, terutama mereka yang masih anak-anak. Hal ini bukanlah masalah besar, akan tetapi adanya kutu di kulit kepala membuat rasa tidak nyaman dan membuat tidak bisa tampil percaya diri.


Baca juga : 8 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air yang Berlubang dan Menghitam


Apabila kutu dibiarkan begitu saja, Anda tidak bisa membayangkan bukan kepala Anda akan berubah menjadi sarang kutu. Asal kutu rambut pada seseorang ada banyak penyebabnya, salah satunya mereka yang bersama orang yang terkena kutu.


Tubuh kutu sangat ringan sehingga kutu di kepala dapat dengan mudah berpindah dengan terbawa angin atau merambat dari tubuh penderita ke orang yang bersebelahan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang ini sudah banyak cara mematikan kutu rambut secara alami.


Masalah pada rambut yang sering terjadi selain ketombe yaitu Kutu rambut. Selain sangat mengganggu karena bisa menyebabkan rasa gatal, kutu rambut juga bisa berpengaruh pada kepercayaan diri. Ada baiknya anda mengetahui bahwa kutu rambut adalah jenis parasit yang hidup dengan menghisap darah di kepala.


Kutu betina mampu menghasilkan enam buah telur dalam sehari, yang mana telur-telur itu akan menetas dalam 8 hari kemudian. Tidak boleh anggap sepele masalah ini karena jika kutu dan telurnya tidak segera dihilangkan, maka akan semakin banyak kutu di rambut.


Hal itu berarti banyak pula darah yang terhisap. Untuk berkembang menjadi dewasa, kutu tersebut membutuhkan waktu 9-12 hari. Setelah itu, kutu dapat bertahan hidup selama empat minggu sebelum akhirnya mati. Kutu dapat menular dengan cepat melalui sentuhan dengan rambut yang berkutu, untuk mengetahui adanya kutu pada rambut kepala kenali tanda seperti ini.


Ada beberapa tanda-tanda adanya kutu seperti rasa gatal di kepala. Rasa gatal yang cukup sering dan warna kulit kepala menjadi merah atau juga gatal di leher maupun belakang telinga. Terlihat bengkak di belakang telinga. Adanya telur telur kutu di bagian permukaan rambut. Jika terdapat gejala tersebut anda haruslah waspada akan kutu di rambut anda.



Penyebab munculnya kutu rambut


Anda harus mengetahui penyebab terjadinya kutu rambut agar dapat melakukan pencegahan sehingga terhindar dari kutu rambut. Penyebabnya antara lain adalah penggunaan sisir yang sama dengan penderita kutu rambut. Hal ini akan membuat kutu atau telur kutu dapat menempel pada sisir yang akan digunakan, sehingga ketika Anda menggunakan sisi tersebut kutu atau telur akan berpindah ke kepala Anda.


Penyebab berikutnya yaitu penggunaan handuk yang sama. Selain sisir yang sama handuk pun tidak boleh digunakan untuk bersama-sama. Kutu atau telur kutu dapat menempel pada handuk dan merambat ke kepala Anda dengan mudah. Oleh karena itu, lebih baik gunakan handuk sendiri-sendiri untuk terhindar dari kutu bahkan penyakit kulit lainnya. Penyebab selanjutnya adalah karena jarang merawat rambut.



Tips menghilangkan kutu rambut


Kutu rambut yang menjengkelkan ini bisa menyerang siapa saja tak peduli anak-anak maupun dewasa. Efeknya bukan hanya menyebabkan gatal yang luar biasa melebihi ketombe, tapi juga menyebabkan isu sosial hilangnya kepercayaan diri. Biasanya orang akan menjaga jarak dengan kita karena takut akan tertular kutu. Kutu bisa menular, melalui kontak langsung.


Penularan ini biasanya terjadi saat tidur dengan seseorang yang menderita kutuan. Kutu berpindah tempat bisa melompat dan merayap. Kontak tidak langsung, yaitu melalui perantara pihak ketiga. Objeknya bisa penggunaan sisir, topi, baju, handuk, helm yang bekas digunakan penderita kutu rambut. Tidak mau kan kepala dan rambut Anda menjadi ladang kutu-kutu? Berikut cara menghilangkan kutu di rambut secara alami yang bisa Anda buat di rumah.



1. Salep


Bagi Anda yang ingin melakukan cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat tanpa merusak rambut dapat menggunakan salep. Untuk memperoleh salep sangat mudah, Anda cukup membelinya di apotek terdekat. Penggunaan salep kutu rambut pada umumnya sama, yaitu oles salep pada kulit kepala secara merata dan tipis lalu diamkan beberapa saat.


Setelah didiamkan maka bilas kepala menggunakan shampoo hingga bersih. Yang harus Anda ingat adalah perhatikan dosis penggunaannya, karena biasanya untuk penggunaan jangka panjang dapat merusak kulit kepala.



2. Air Beras


Menggunakan air beras ternyata dapat menghilangkan kutu rambut dan telurnya sekaligus. Caranya cukup mudah yaitu Anda hanya perlu merendam beras semalaman agar memperoleh air rendaman beras. Setelah semalaman bersihkan terlebih dahulu rambut Anda dan keringkan. Selanjutnya bilas rambut menggunakan air rendaman beras ini dan biarkan untuk beberapa saat atau bungkus rambut selama kurang lebih 1 jam. Setelah 1 jam bilas kembali rambut menggunakan air bersih hingga benar-benar bersih.



3. Minyak Zaitun


Cara menghilangkan kutu di rambut panjang secara alami berikutnya adalah dengan minyak zaitun yang diusapkan pada seluruh kulit kepala serta rambut hingga merata sambil dipijat sebentar dan diamkan selama kurang lebih 1 jam. Bilas rambut menggunakan shampoo dan tambahkan conditioner agar rambut menjadi lembut. Dalam memilih minyak zaitun, pilih yang asli. Karena minyak zaitun yang asli dapat digunakan untuk memasak, dapat diminum, dan lain sebagainya.



4. Jeruk Nipis


Kandungan alami dalam jeruk nipis dapat membasmi kutu rambut. Cara menghilangkan kutu rambut dengan jeruk nipis caranya sangat mudah, yaitu Anda cukup peras air jeruk nipis dan tambahkan minyak zaitun sedikit, minyak kelapa, campur hingga merata. Kemudian oles campuran tersebut pada kulit kepala dan rambut sambil di pijat-pijat lalu biarkan selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu, bilaslah menggunakan air bersih dan shampoo.



5. Minyak Kayu Putih dan Jeruk Nipis


Campurkan minyak kayu putih dan air jeruk nipis dengan perbandingan yang sama, setelah itu oleskan perlahan dan merata pada rambut hingga basah, pijat perlahan seperti anda sedang keramas, lalu diamkan selama satu jam. Kemudian keramas hingga bersih. setelah rambut anda kering Anda dapat menyisir dengan serit.



6. Cuka Putih


Anda dapat melakukan cara menghilangkan kutu di rambut kepala dengan menggunakan cuka putih. Caranya basahi rambut dengan cuka putih, lalu diamkan selama 30 menit hingga rambut hampir kering. Sisir rambut dengan serit untuk menghilangkan telur kutu yang menempel pada rambut.



7. Bawang Merah


Bawang merah merupakan tumbuhan yang digunakan untuk bumbu dapur kita sehari hari ternyata mempunyai banyak manfaat salah satunya adalah menghilangkan kutu rambut. Cara menggunakan bawang merah sebagai pembasmi kutu yaitu siapkan 5 – 6 Siung. Haluskan Siungan Bawang Tersebut sampai sangat halus. Oleskan Pada pangkal hingga ujung rambut. Pijat Kulit kepala sampai meresap. Tunggu Beberapa saat dan semoga kutunya bisa menghilang.



8. Minyak Kelapa


Minyak kelapa selain bisa digunakan untuk menggoreng dan jadi pelicin, minyak kelapa juga memiliki fungsi untuk menghilangkan kutu pada rambut Cara menggunakan Minyak kelapa sebagai pembasmi kutu yaitu siapkan minyak kelapa secukupnya. Oleskan ke pangkal rambut secara merata. Kemudian tutup rambut menggunakan plastik tutup kepala atau handuk kering. Diamkan sekitar 5 sampai 6 jam. Bilas rambut dengan shampo. Setelah itu sisir dan lihatlah kutu rambut anda berguguran



9. Kacang Almond


Cara menghilangkan kutu dalam hitungan detik menggunakan Kacang Almond Untuk membasmi kutu yaitu siapkan 9 – 10 butir kacang almond. Rendam selama beberapa menit kemudian haluskan kacang almond. Tambahkan 4 sendok makan lemon. Lalu aduk hingga kedua bahan menyatu seperti pasta, lalu oleskan ke pangkal rambut. Dan Diamkan sekitar 1 – 2 jam dan keramaslah menggunakan Shampo.



10. Sisir Serit Atau Sisir Kutu


Dengan sisir kutu anda bisa menjerat kutu dari rambut secara mudah, karena yang harus anda lakukan hanyalah tinggal menyisirkan sisir kutu ke rambut anda saja, sisir ini lebih sempit dan berbeda dengan sisir biasanya tetapi sisir ini memang tidak bisa menghilangkan kutu secara maksimal tapi bisa dijadikan alternatif untuk mengurangi kutu rambut anda.



11. Lemon


Lemon adalah buah yang banyak mengandung vitamin C yang sangat baik bagi tubuh kita. Selain itu, kandungan rasa asam pada lemon ini juga sangat ampuh menjadi obat kutu rambut untuk menghilangkan telur dan kutu rambut. Untuk penerapannya yaitu kita siapkan 1 buah lemon dan kemudian kita peras. Hasil perasan lemon tersebut kita gunakan untuk membasuh seluruh rambut. Setelah terbasuh secara keseluruhan mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut, kita diamkan sekitar 40 dan bilas dengan air hangat yang diberi sedikit cuka. Gunakan sisir yang rapat dan bersih untuk melepaskan biji telur yang menempel di rambut.



12. Kapur ajaib


Cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat dan ampuh dengan kapur ajaib ini hasilnya sangat cepat. Goreskan kapur tersebut pada sela-sela rambut secara keseluruhan, kemudian diamkan beberapa jam. Setelah itu, bilaslah dengan menggunakan air dan sampo hingga bersih. Maka kutu yang telah beranak-pinak ini hilang setelah rambut kering. Lakukan 2 kali dalam seminggu.



13. Daun sirsak


Mungkin Anda belum pernah dengar khasiat daun sirsak sebagai pengusir kutu, namun kali ini Anda bisa mempraktikkannya. Caranya yaitu ambil satu genggam daun sirsak lalu rebus dengan menggunakan air secukupnya. Kemudian keramaslah dengan menggunakan air dari rebusan daun sirsak ini setelah rambut dicuci dengan air dingin. Cara menghilangkan kutu rambut dengan menggunakan daun sirsak ini bisa Anda lakukan hingga tiga kali dalam seminggu.



14. Jus lemon


Cara menghilangkan kutu di rambut dengan alami dengan jus lemon caranya adalah basuh rambut dengan menggunakan jus lemon, kemudian diamkan setengah jam dan bilas dengan air hangat yang telah di campur dengan menggunakan cuka. Cara menghilangkan telur kutu rambut dengan cepat dengan menggunakan bahan alami lebih diutamakan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Namun menghilangkan kutu dengan kapur ajaib jangan dilakukan terlalu sering karena mengandung bahan kimia yang mungkin bisa membuat rambut rusak.



15. Biji Buah Srikaya


Siapa sangka kalau buah srikaya juga bisa membantu menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara alami. Tak usah ragu, khasiat biji srikaya tidak kalah ampuh dengan obat kutu alami lainnya. Dalam biji srikaya terkandung minyak dari asam lemak dan beragam senyawa zat lain yang mampu membunuh kutu. Jadi setelah Anda makan buah srikaya, jangan lupa untuk menyimpan bijinya untuk dimanfaatkan terlebih dahulu.


Cara menghilangkan kutu di rambut anak caranya haluskan sekitar setengah mangkuk biji srikaya dengan cara ditumbuk hingga keluar minyaknya. Balurkan merata pada rambut dan kulit kepala. Tutup kepala Anda dengan handuk, diamkan semalaman sambil tidur. Keesokan paginya, Anda akan melihat kutu-kutu KO yang menempel di handuk Anda. Terakhir, cuci rambut dengan shampo untuk menghilangkan sisa minyak.



16. Lidah Buaya


Bicara tentang cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara alami, tentu tidak bisa terlepas dari daun lidah buaya. Umumnya masyarakat menggunakannya untuk menyuburkan dan membuat rambut hitam berkilau. Padahal nyatanya kalau rambut Anda kebetulan berkutu saat itu, secara tidak langsung Anda juga melakukan penumpasan kutu dan telur di rambut Anda. 


Caranya siapkan satu buah daun lidah buaya dan cuci bersih. Potong atau iris bagian bawah daun lalu ambil gel nya. Usapkan gel lidah buaya pada rambut dan kulit kepala secara merata, sambil dipijat ringan. Tutup rambut dengan handuk selama 60 menit. Serit rambut untuk membersihkan kutu dan telurnya. Cuci bersih rambut dengan shampo.



17. Bawang Putih


Bawang putih mengandung sulfur yang cukup tinggi. Zat ini dapat membunuh kutu beserta telurnya secara permanen. Caranya siapkan 5 siung bawang putih kemudian haluskan sampai halus. Tuangkan 2 sendok makan air putih kemudian peras halusan bawang putih tersebut dan ambil airnya. Gunakan air perasan bawang putih tersebut pada kulit kepala da rambut secara merata. Tutup dengan handuk dan biarkan kurang lebih 2 jam, kemudian bilas menggunakan air bersih dan shampoo. Lakukan tips ini kurang lebih selama 7 hari, atau sampai kutu benar-benar mati dan menghilang dari kulit kepala anda.



Baca juga : 8 Cara Menghilangkan Bulu Kaki yang Ampuh dan Terbukti Berhasil



18. Minyak Bunga Lavender


Minyak bunga lavender mengandung zat yang bersifat antiseptik. Zat ini dapat membunuh kutu dan meluruhkan telur kutu sampai hilang. Tetapi untuk penggunaan minyak lavender ini perli diperhatikan tingkat sensitivitas kulit kepala, untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit kepala.


Cara menghilangkan kutu di rambut secara alami menggunakan minyak lavender adalah ambil 1 sendok teh minyak zaitun dan campurkan dengan 2 tetes minyak lavender. Gunakan kapas untuk menggosok ramuan ke seluruh area kepala dan rambut. Setelah merata segera tutup kepala dengan handuk dan biarkan semalam. Keesokan harinya bilas dengan menggunakan air bersih dan shampoo. Lakukan tips ini 1x dalam seminggu selama 1 bulan atau sampai kutu mati dan menghilang.



19. Rajin keramas


Rambut yang jarang dikeramas selain akan berketombe juga dapat menjadi lahan yang cocok bagi kutu rambut. Untuk menghindari adanya kutu di rambut anda maka anda haruslah menjaga kebersihan kulit kepala anda dengan rajin keramas. Jangan biarkan rambut anda kotor dalam waktu yang lama. Keramaslah dua hari sekali untuk menjaga kebersihan kulit kepala anda.



20. Bawang bombay

Umumnya kita hanya mengetahui bahwa bawang bombay itu sebagai salah satu bahan masakan. Tapi perlu anda ketahui bahwa bawang bombay juga dipercaya mampu mengatasi bahkan hingga membasmi kutu di rambut anda. Untuk caranya; silakan potong bawang bombay menjadi beberapa bagian, oleskanlah getah yang terdapat pada bawang bombay hingga merata ke rambut anda, diamkan saja hingga kira-kira 20 menit selanjutnya bilas rambut anda hingga bersih.


Itulah beberapa mengenai cara menghilangkan telur kutu pada rambut dan kutu pada rambut, serta penyebab munculnya kutu agar Anda dapat melakukan pencegahan. Jagalah kebersihan rambut dengan rutin berkeramas.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)