Top Label

Tips Sehat Mengatasai Rasa Gatal

Tips Sehat Mengatasai Rasa Gatal
Tips Sehat Mengatasai Rasa Gatal



Sehat-Selalu.com - Umumnya, menggaruk adalah cara yang paling mudah dan lazim dilakukan banyak orang untuk mengatasi rasa gatal. Sebab selain paling mudah, menggaruk pada area yang terserang rasa gatal juga menimbulkan sensasi tersendiri yang disukai orang. Bahkan sebagian orang sangat menikmati “menggaruk” rasa gatal itu. Namun sebenarnya mengatasi rasa gatal yang bisa saja ditimbulkan oleh gigitan nyamuk, alergi dan atau sebab lainnya dengan cara “menggaruk” itu bukan cara yang dianjurkan dalam kesehatan. Sebab dengan menggaruk akan terjadi kontak antara kuku dengan kulit yang dapat memicu kerusakan jaringan sel pada kulit. 


Bentuk kerusakan jaringan sel pada kulit tersebut yang paling ringan adalah terjadinya radang ringan ( biasanya ditandai dengan me-merahnya warna kulit ), sampai terjadinya kerusakan parah jaringan sel kulit seperti lecet dan atau terkelupas. Di samping itu dengan “menggaruk” juga memungkinkan terjadinya penularan penyakit melalui masuknya kuman atau agen-agen penyakit yang biasanya banyak terdapat pada tangan dan kuku ke dalam jaringan kulit yang rusak ( lecet dan atau terkelupas ) tersebut. Terutama jika tangan dan kuku kita dalam keadaan kotor serta tidak terjaga kebersihannya.


Sebenarnya guna mengatasi rasa gatal tersebut bisa kita lakukan beberapa tindakan selain menggaruk untuk menghindari terjadinya hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan sel pada kulit dan terlebih lagi masuknya kuman-kuman penyakit ke dalam tubuh melalui luka yang timbul sebagai akibat dari kegiatan “menggaruk” tersebut. Beberapa tindakan yang sehat untuk mengatasi rasa gatal tersebut diantaranya :


Mengompres dengan Es


Rasa dingin es dapat mematikan syaraf gatal untuk sementara waktu. Jadi mengompres area kulit yang gatal karena digigit nyamuk atau sebab lain akan menghilangkan rasa gatal. Di samping itu sensasi rasa dingin yang dihasilkan oleh es akan lebih terasa dibandingkan rasa gatal itu sendiri. Hal ini menyebabkan syaraf tubuh kita akan lebih merespon rasa dingin dibanding rasa gatal itu sendiri. Secara sederhana syaraf tubuh kita “melupakan” rasa gatal tersebut.


Mandi dengan air cuka


Jika rasa gatal yang menyerang tidak hanya pada satu titik area melainkan ke seluruh tubuh, yang biasanya disebabkan oleh alergi pada situasi atau makanan tertentu, kita bisa mengatasinya dengan mandi atau berendam dalam air hangat yang telah dicampur cuka. Campurkan kira-kira 2 gelas air cuka ke dalam satu baskom besar air hangat dan gunakan untuk mandi. Bisa juga dengan mengoleskan cuka ke kulit yang terasa gatal akibat gigitan nyamuk.


Mengoleskan madu


Madu mengandung zat dan senyawa yang dapat meredakan rasa gatal. Di samping itu, madu juga adalah zat yang paling ampuh melawan bakteri dan kuman. Jadi dengan mengoleskan madu pada area yang terserang gatal, selain dapat mengatasi rasa gatal itu sendiri juga dapat mematikan bakteri serta kuman yang mungkin saja dibawa oleh nyamuk.


Mengoleskan kulit pisang


Sama seperti madu, kulit pisang juga mengandung senyawa flavonoid yang dapat meredakan rasa gatal. Caranya pun sama yakni dengan mengoleskan kulit pisang bagian dalam pada area kulit yang terserang rasa gatal.


Menampar atau mencubit


Memang agak aneh kedengarannya. Namun dengan menampar atau mencubit kulit yang terserang rasa gatal dapat menghilangkan rasa gatal tersebut. Hal ini terjadi karena rasa sakit pada kulit akibat tamparan atau cubitan kita lebih terasa dan lebih direspon oleh syaraf tubuh kita. Jadi seperti halnya dengan mengompres kulit menggunakan es, menampar atau mencubit kulit yang gatal akan membuat syaraf tubuh kita “melupakan” rasa gatal yang menyerang kulit.


Mengusap rasa gatal pada kulit


Alih-alih menggaruk rasa gatal pada kulit, kita bisa mulai membiasakan diri untuk tidak menggaruk kulit setiap rasa gatal menyerang, melainkan dengan mengusap-usapnya. Mungkin tubuh membutuhkan waktu untuk dapat mulai “menerima” usapan sebagai kegiatan perlawanan “rasa gatal”, hal ini karena kita sudah sangat terbiasa menggaruk untuk mengatasi rasa gatal. Namun pada akhirnya tubuh kita akan merespon “usapan” sebagai perlawanan rasa gatal pada kulit kita.


Itulah beberapa tips sehat yang dapat kita lakukan untuk mengatasi rasa gatal. Terkadang sesuatu yang tampaknya sepele bisa berakibat fatal jika kita tidak benar-benar memperhatikannya. Semoga bermanfaat.

#Tips#Tips Sehat
EDY SYAM Jumat, 15 Juli 2022 Last Updated 2022-07-17T10:18:56Z
Komentar

Tampilkan