Penyebab Kaki Gajah dan Cara Menanganinya

EDY SYAM
0

Penyebab Kaki Gajah dan Cara Menanganinya
Penyebab Kaki Gajah dan Cara Menanganinya

Penyebab kaki gajah adalah sebuah cacing yang disebut cacing filarial yang disebarkan melalui gigitan nyamuk. Kaki gajah adalah salah satu jenis penyakit kronis yang sulit disembuhkan jika tidak dilakukan penanganan cepat. Kaki gajah ini akan berefek pada membengkaknya organ tubuh berapa kaki, tangan, alat kelamin, dan buah dada baik pria atau wanita. Jika tidak ditangani dengan tepat, pembengkakan ini bisa berujung kelumpuhan pada anggota tubuh yang membengkak tersebut. Jadi, jika Anda ingin bebas dari kaki gajah segeralah lakukan penanganan cepat dan pencegahan.


Gejala Awal Penyakit Kaki Gajah


Kaki gajah adalah salah satu penyakit yang tidak memiliki tanda khusus atau gejalanya hampir sama dengan jenis penyakit lainnya. Salah satu gejala awal penyakit kaki gajah dengan demam yang selama beberapa hari dan secara tiba-tiba hilang. Akan tetapi setelah beberapa hari demam itu akan muncul kembali. Jika kaki gajah yang dialami masuk adalah kondisi klinis juga akan terjadi pembengkakan getah bening pada paha. Pembengkakan tersebut akan terasa sakit dan nyeri jika dipegang. Selain itu pada bagian organ tertentu juga mulai terlihat membengkak dan membesar.


Sedangkan untuk gejala kronisnya penderita akan mulai merasakan semua gejala yang ada dalam gejala klinis. Nah, jika sudah semua gejala terlihat sebaiknya Anda periksakan kepada medis untuk mendiagnosa penderita kaki gajah. Berikutnya pihak medis akan melakukan periksa darah jika ada kandungan microfilaria maka dipastikan pasien terkena kaki gajah. Penyakit ini memang berbahaya, maka dari itu Anda perlu melakukan pencegahan agar tidak sampai terjangkit penyakit berbahaya ini. Jika Anda sampai terjangkit kaki gajah dan tidak mendapat penanganan dengan benar akibatnya akan fatal pastinya.


Cara Pencegahan Penyakit Kaki Gajah


Untuk cara pencegahan penyakit kaki gajah ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Yang paling utama adalah Anda harus menjaga kebersihan lingkungan agar tidak menjadi sarang nyamuk. Selain itu juga Anda jangan sampai membiarkan nyamuk menggigit tubuh Anda. Anda juga perlu melakukan imunisasi kaki gajah. Biasanya untuk obat ini akan diberikan secara masal pada daerah terjangkit dengan korban yang cukup banyak. Dengan melakukan pencegahan akan penyakit kaki gajah kita selain bisa terhindar dari bahaya penyakit ini tetapi juga bisa membuat tubuh sehat selalu.


Penyakit kaki gajah adalah salah satu jenis penyakit menular yang berbahaya. Oleh sebab itu, Anda perlu menghindari pemakai barang bekas yang digunakan penderita. Perkembangan cacing penyebab kaki gajah tidaklah sebentar karena memerlukan penyebaran cacing betina dan jantan agar bisa berkembang biak. Saat terjadi perkembangbiakan cacing dalam tubuh inilah yang bisa menyebabkan kaki gajah. 


Kebersihan tubuh dan lingkungan penting dalam pencegahan kaki gajah. Selain itu memperhatikan dan memberikan perlakuan khusus penderita terutama dalam penanganannya bisa menyelamatkan semuanya. Nah, mari kita melakukan pencegahan kaki gajah agar kaki gajah tidak mewabah di lingkungan kita tercinta.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)