8 Manfaat Sauna untuk Kesehatan dan Kecantikan

EDY SYAM
0

Manfaat Sauna untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Sauna untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sehat-Selalu.com - Apakah Anda mengetahui bahwa manfaat sauna cukup banyak dan luar biasa? Sauna adalah hal yang cukup menyenangkan dan dapat memanjakan diri. Selain dapat memanjakan diri, sauna ternyata menyimpan banyak manfaat. Sauna adalah mandi uap yang dilakukan secara sengaja. Saat melakukan sauna maka tubuh akan banyak mengeluarkan keringat. Keringat inilah yang mendorong paksa keluarnya racun-racun dalam tubuh. Dengan melakukan sauna, ada banyak sekali manfaat yang dapat Anda peroleh. Mungkin Anda selama ini kurang menyadarinya. Tetapi di beberapa negara, sauna telah menjadi kebiasaan.


Sebagai tips sebelum melakukan sauna, alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi 2 gelas air putih terlebih dahulu agar tidak dehidrasi. Karena pada saat melakukan sauna, secara otomatis kadar air dalam tubuh Anda berkurang.


Manfaat Sauna untuk Kesehatan


Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dengan melakukan sauna:


1. Membersihkan tubuh dari racun


Manfaat yang pertama dilakukannya sauna yaitu dapat membersihkan tubuh dari racun. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, keringat memaksa racun keluar dari tubuh. Sauna menyebabkan keringat yang banyak keluar dari tubuh, hal ini memberikan efek yang cukup baik. Di mana di seluruh kulit tubuh dan kelenjar dapat dibersihkan. Manfaat sauna bagi kulit tubuh ini membantu membuka pori-pori kulit. Saat tubuh merasa kepanasan akibat sauna, kotoran yang ada dalam lemak akan mencair dan akan dikeluarkan melalui keringat.


2. Menurunkan kadar kolesterol


Beberapa pendapat mengungkapkan bahwa melakukan sauna juga dapat menurunkan kadar kolesterol.


3. Menurunkan berat badan


Tidak jarang orang memilih melakukan sauna dibanding harus melakukan olahraga berat lainnya. Sauna juga dianggap sebagai cara yang cukup ampuh dalam menurunkan berat badan.


4. Relaksasi fisik dan mental


Manfaat sauna lainnya yaitu dapat membantu merelaksasi fisik dan mental. Saat melakukan sauna, hal tersebut dapat membantu melepaskan ketegangan seseorang. Orang-orang yang memiliki gangguan tidur seperti insomnia dapat melakukan terapi sauna untuk menghilangkan kebiasaan buruknya tersebut. Dengan melakukan mandi sauna, hal tersebut dapat membantu seseorang untuk dapat tidur santai sepanjang malam.


5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Sauna juga dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Panas uap sauna diibaratkan sebagai simulasi demam yang cukup baik.


6. Meningkatkan elastisitas wajah


Manfaat sauna wajah yaitu dapat meningkatkan elastisitas kulit wajah. Sauna dapat membantu membersihkan wajah dari kotoran serta radikal bebas yang mengancam dan proses sauna bisa membantu mengeluarkan sel-sel yang telah mati. Saat wajah kita berkeringat, pori-pori kulit wajah akan terbuka. Sehingga sel kulit mati, sebum, dan berbagai kotoran yang menyumbat kulit ikut terdorong keluar. Sauna wajah juga membantu melancarkan peredaran darah di wajah, Bahkan dengan melakukan sauna wajah setiap hari dapat membantu mengurangi keriput di wajah.


7. Menjaga kesehatan


Menurut beberapa penelitian, melakukan sauna secara rutin dapat mencegah seseorang terkena demam. Sauna dapat membantu seseorang untuk menjaga kesehatan fisik serta mental secara alami dan keseluruhan.


8. Membakar kalori


Sauna juga bermanfaat untuk membakar kalori dalam tubuh. Walaupun tidak terlalu banyak, tetapi sauna dianggap efektif dalam membakar kalori dalam tubuh.


Itulah beberapa manfaat luar biasa dengan melakukan sauna. Manfaat sauna memang tidak dapat diremehkan begitu saja. Bagi Anda yang ingin memiliki kulit cantik dan tubuh sehat, Anda dapat segera melakukan sauna secara rutin mulai dari sekarang.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)