Top Label

Manfaat Mendonorkan Darah Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Mendonorkan Darah Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Mendonorkan Darah Untuk Kesehatan Tubuh

Seperti kita ketahui, mendonorkan darah merupakan tindakan yang begitu mulia dan sangat bermanfaat untuk orang lain, khususnya bagi penerima donor darah tersebut. Jika kita berbicara tentang manfaat donor darah, sebenarnya tak hanya saja bisa dirasakan bagi penerima donornya, melainkan juga bagi pendonor darah itu sendiri. Keuntungan tersebut bisa dirasakan baik oleh resipien atau si penerima maupun penyumbang darah itu sendiri.


Mungkin tak sedikit orang yang masih belum mengetahui apa manfaat mendonorkan darah bagi tubuh pendonor itu sendiri. Sebenarnya, ada banyak manfaat donor darah bagi kesehatan pendonornya di antaranya:


1. Jantung Sehat


Manfaat mendonorkan darah ternyata memberikan dampak positif bagi kesehatan jantung. Di mana pendonor darah biasanya mempunyai risiko yang lebih rendah terkena penyakit jantung. Adapun pernyataan ini tak lain berdasarkan penelitian di American Journal of Epidemiology. Di mana pendonor darah mempunyai sekitar 88% risiko lebih rendah mendapatkan serangan jantung sedangkan 33% risiko lebih rendah mengalami berbagai macam penyakit kardiovaskular.


2. Membakar Kalori Dalam Tubuh


Manfaat donor darah tubuh pendonor adalah bisa membakar kalori pada tubuh si pendonor itu sendiri hingga mencapai 650 kalori untuk tiap sumbangan. Hal ini berdasarkan pernyataan dari penelitian yang dilakukan oleh University of California di San Diego. Di mana, seseorang yang selalu rutin untuk menyumbangkan darahnya maka dapat kehilangan kalori dalam tubuh yang berjumlah cukup besar.


3. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker


Melakukan donor darah secara konsisten dan rutin bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit kanker, seperti kanker usus besar, kanker tenggorokan, lambung, paru-paru hingga kanker hati. Jadi, seiring dengan seringnya pendonor menyumbangkan darahnya maka tingkat risiko terhadap penyakit kanker di atas semakin menurun.


4. Pembaharuan Sel-Sel Darah Dalam Tubuh


Jika seseorang telah mendonorkan darahnya maka tubuhnya menggantikan jumlah volume darah selama 48 jam sesudah donor. Di mana kehilangan sel-sel darah merah setelah mendonorkan darah tersebut akan digantikan selama 4-8 minggu dengan pembentukan sel darah merah baru. Selain itu, proses pembentukan tersebut membuat tubuh lebih sehat serta lebih produktif.


5. Manfaat Mendonorkan Darah Untuk Kecantikan


Selain memberikan manfaat kesehatan bagi pendonor darah, mendonorkan darah bagi para wanita pun memberikan sejumlah manfaat. Adapun manfaat donor darah bagi wanita itu sendiri, di antaranya:


Membentuk Tubuh Ideal


Bukan sebagai program penurun berat badan, namun dengan menyumbangkan sejumlah darah bagi orang yang membutuhkan membuat wanita pendonor darah bisa memiliki tubuh ideal dan proporsional.


Lebih Rileks


Manfaat mendonorkan darah lainnya adalah dapat membuat pikiran wanita yang biasanya tidak stabil, menjadi lebih stabil. Mendonorkan darah dengan rutin bisa membuat Anda lebih santai, rileks dan lebih fokus dalam beraktivitas.


Menekan Efek Penuaan Dini


Manfaat donor darah bagi kecantikan wanita juga bisa menekan efek terjadinya penuaan dini. Seperti kita ketahui, kulit yang keriput itu tidak lain dikarenakan oleh pikiran yang membuat seseorang menjadi lebih mudah stres hingga akhirnya mereka cepat tua. Untuk itulah, dengan mendonorkan darah secara rutin bisa membuat seseorang selalu terlihat muda dan kulit pun tetap kencang.


Dengan manfaat mendonorkan darah di atas, tentu kita tak perlu ragu lagi ketika harus mendonorkan darah kita untuk orang-orang yang benar-benar membutuhkan. Karena sebenarnya donor darah tak hanya bermanfaat bagi si penerima saja melainkan juga bagi pihak pendonor darah. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda!

#Kesehatan#Tips Sehat
EDY SYAM Jumat, 08 Juli 2022 Last Updated 2022-07-17T11:03:59Z
Komentar

Tampilkan