Mengenal Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan Wanita

EDY SYAM
0

Manfaat buah pinang bagi kesehatan wanita
Mengenal Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan Wanita

Manfaat buah pinang bagi kesehatan wanita rupanya memiliki khasiat yang luar biasa, hal inilah yang mendasari banyaknya wanita jaman dahulu sering melakukan kebiasaan nginang. Nginang merupakan kebiasaan mengunyah sirih yang berisi buah pinang, saat dikunyah dan bercampur dengan air liur maka akan menghasilkan warna merah. Setelah dikunyah, akan dilanjutkan dengan menggosok-gosok gigi dengan tembakau. Manfaat ini akan membuat gigi menjadi sehat sehingga terhindar tari gigi keropos maupun gigi berlubang seiring dengan bertambahnya usia. Namun kebisaan ini sudah jarang ditemukan pada zaman yang sudah serba modern ini.



Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan wanita


Selain memberikan manfaat bagi kesehatan gigi, buah pinang juga membawa khasiat lainnya seperti mengatasi diare, sakit pinggang, sembelit, malaria, dan beri-beri. Buah pinang yang sering juga dikenal sebagai buah jambe ini mempunya manfaat untuk menjaga kecantikan kulit wanita. Tidak hanya untuk kulit wanita, buah pinang muda dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti kudis dan koreng sehingga Anda dapat tampil lebih cantik dengan kulit mulus Anda. Manfaat buah pinang bagi kesehatan wanita yang utama adalah menjaga kesehatan daerah sensitif Anda. Dengan menggunakan ramuan tradisional ini, maka Anda akan terhindar dari masalah keputihan yang cukup mengganggu.


Selain itu, Anda yang memiliki masalah terlambat datang bulan, maka dapat pula memanfaatkan buah pinang untuk mengatasinya. Untuk membantu Anda merawat organ sensitive wanita, maka cobalah gunakan satu butir buah pinang yang sudah tua yang sudah dikupas dan dihilangkan kulit luarnya. Kemudian parutlah buah pinang tua itu dengan air sebanyak 1 gelas. Rebus hingga menyisakan air rebusan setengah gelas saja. Minumlah ramuan tradisional ini secara rutin seminggu sekali, jangan lupa untuk menambahkan sedikit garam saat Anda meminumnya.


Berikut beberapa kandungan yang ada dalam pinang muda bisa dijadikan sebagai bahan kecantikan dan juga bisa membantu menyehatkan tubuh. Berikut beberapa manfaat buah pinang bagi kesehatan wanita.


1. Mengecilkan rahim


Untuk wanita yang baru saja melahirkan bisa mengonsumsi ramuan buah pinang untuk mengecilkan rahimnya. Cara membuat ramuannya cukup ambil dua buah pinang yang masih muda kemudian dimemarkan dan rebus dengan air lalu minum ramuannya. Anda juga bisa menambahkan madu agar rasanya semakin enak.


2. Obat sakit pinggang


Manfaat buah pinang bagi kesehatan yang lainnya yaitu bisa mengobati sakit pinggang. Para wanita terutama yang masih mempunyai balita sering mengeluhkan sakit pinggang akibat sering menggendong ataupun pekerjaan rumah tangga yang berat. Untuk mengatasi sakit pinggang dengan pinang cukup memarkan pinang kemudian dihangatkan dengan cara dibakar atau direbus lalu kompreskan pada pinggang yang sakit.


3. Mengatasi pendarahan berlebihan


Para wanita yang biasa mengalami pendarahan yang berlebihan pada saat haid ataupun penyebab dari penyakit bisa menggunakan buah pinang untuk mengatasinya. Cukup dengan mengonsumsi air rebusan buah pinang setiap hari pendarahan yang Anda derita dengan sendirinya akan berkurang dan berhenti.


4. Menguatkan gigi


Gigi orang pada zaman dahulu terkenal kuat hal ini dikarenakan setiap arinya mereka menyirih dan di dalamnya terdapat buah pinang yang masih muda. Untuk Anda para wanita yang ingin menguatkan gigi bisa dengan cara mengunyah buah pinang setiap harinya agar gigi kuat. Tidak hanya gigi saja tapi juga gusi akan semakin sehat.


5. Meningkatkan gairah


Buah pinang juga bisa meningkatkan gairah pada wanita. Manfaat buah pinang bagi kesehatan wanita ini bisa didapatkan dengan memakan buah pinang yang masih muda. Buah pinang yang sudah dipetik kemudian diiris dan dimakan mentah-mentah untuk meningkatkan gairah pada wanita.


Sebenarnya buah pinang yang masih muda tidak hanya bagus untuk kesehatan wanita saja namun juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan menyembuhkan berbagai penyakit. Terutama penyakit kulit yang cukup mengganggu penampilan seorang wanita. serta dapat juga untuk kesehatan pria dan anak-anak. Selain untuk kesehatan tubuh buah pinang yang sudah tua biasanya dimanfaatkan untuk membuat warna sintetik dan juga bahan kimia lainnya. 


Jadi ketika Anda akan membeli buah pinang, sebaiknya diteliti terlebih dahulu apakah pinang muda atau tua agar manfaat yang bisa didapatkan bisa maksimal. Dari berbagai manfaat buah pinang bagi kesehatan di atas tentunya bisa dijadikan sebagai referensi dalam pengobatan tradisional masalah wanita.


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)