Kandungan dan Manfaat Buah Bit Bagi Tubuh Kita

EDY SYAM
0

Kandungan dan Manfaat Buah Bit Bagi Tubuh Kita
Kandungan dan Manfaat Buah Bit Bagi Tubuh Kita

Tahukah Anda apa itu buah bit? Buah bit atau yang dikenal juga dengan bit merah ini merupakan sejenis umbi-umbian yang berwarna merah agak ungu. Banyak sekali cara untuk memasak buah bit ini, antara lain dengan menggunakannya sebagai salad, sup, atau bisa juga di jus. Mungkin belum banyak yang tahu dengan buah ini, namun faktanya buah ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia. Bahkan manfaat buah bit untuk ibu hamil bisa kita dapatkan dengan baik karena kandungannya yang sangat lengkap.


Kandungan Buah Bit Yang Tak Banyak Diketahui

Buah berwarna ungu kemerahan ini memiliki kandungan nutrisi banyak sekali, di mana nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Untuk menemukannya, maka Anda mungkin harus mengunjungi pasar modern atau di supermarket. Meskipun buah bit ini telah di budidayakan di Indonesia, namun penyebarannya belum bisa dilakukan dengan baik seperti buah naga. Jika Anda tertarik dengan minum atau konsumsi buah ini, maka sebaiknya Anda melihat dahulu cara menggunakannya. Pasalnya efek samping dari memakan buah bit ini adalah pita suara menjadi kaku dan kesulitan berbicara.


Namun demikian, dengan minum sebagai jus murni dari buah bit ini suara yang kaku tersebut justru akan menjadi sembuh dan membaik. Sehingga selama Anda belum tahu cara memasak atau konsumsi yang benar, sebaiknya Anda mengolahnya dengan cara di jus saja. Nah, sebelum jauh mengenal manfaat buah bit, maka sebaiknya kita kenali terlebih dahulu kandungan apa saja yang ada di dalamnya.


Setelah diadakan penelitian, kandungan terbesar dari buah bit ini adalah folat yaitu sebesar 34%. Menyusul kemudian kalium dengan 14%, serat 13%, vitamin C 10%, magnesium, tembaga, triptofan, zat besi, fosfor, caumarin dan juga betasianin yang terkenal sebagai dapat mencegah kanker. Setelah mengetahui kandungannya yang begitu banyak, maka bisa dipastikan buah ini memang sangat berkhasiat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Simak berikut ini.


Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan


1. Pembersih alami ginjal dan empedu serta obat hati

Manfaat buah bit bagi kesehatan yang pertama adalah sebagai pembersih alami untuk ginjal dan kantung empedu. Selain itu, buah bit juga bisa digunakan sebagai obat hati dan dipercaya dapat menetralisir racun di dalam tubuh kita.



2. Memperkuat sistem peredaran darah

Karena sistem peredaran darah bisa berjalan dengan baik dan lancar, maka bisa dipastikan tubuh kita tidak mengalami gangguan yang berarti. Selain dapat memperlancar peredaran darah, buah ini juga bermanfaat sebagai sistem kekebalan tubuh. Sehingga dengan rajin konsumsi buah bit, kita tidak akan mudah terkena penyakit apa pun.



3. Penghancur sel tumor dan kanker

Adapun manfaat buah bit untuk kanker yaitu disebabkan oleh kandungan antioksidan tinggi pada buah ini. Untuk mendapatkan manfaat buah bit yang maksimal, maka Anda bisa menambahkannya dengan dua wortel, ½ buah bit, 2 batang seledri, bayam dan daun parsley yang dijus. Kemudian minum jus ini secara teratur.



4. Atasi anemia

Jika Anda menderita anemia, maka tidak harus minum obat dari dokter untuk mengatasinya. Pasalnya, buah ini mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga anemia dapat diatasi dengan baik.



5. Menurunkan kolesterol jahat dalam darah

Kolesterol tinggi bisa menjadi masalah serius bagi kesehatan, maka dari itu Anda bisa menurunkannya dengan konsumsi buah bit secara teratur.



6. Pembentukan tulang bayi

Manfaat buah bit untuk bayi selain dapat memenuhi kebutuhan gizi juga dapat membantu proses dalam pembentukan tulang.


Demikianlah beberapa manfaat yang ada pada buah bit yang harus Anda tahu, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)