21+ Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami, Mudah dan Ampuh

EDY SYAM
0

21+ Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami, Mudah dan Ampuh
Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami, Mudah dan Ampuh


Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami - Keputihan adalah hal yang sangat harus dijauhi para kaum wanita. Keputihan menjadi salah satu masalah yang dihadapi para wanita. Permasalahan yang ada pada organ reproduksi wanita ini sering dialami banyak wanita di dunia. Keadaan keputihan memang menjadi kabar buruk jika merupakan gejala dari penyakit. Meskipun keputihan memang digolongkan dalam hal yang normal dan biasa. Namun ada juga keputihan yang berbahaya atau tidak sehat sehingga hal tersebut harus diobati segera mungkin.


Banyak sekali cara menghilangkan keputihan yang dapat dilakukan. Mulai dari perawatan dokter, menggunakan obat hingga menggunakan bahan bahan yang alami. Namun untuk mengurangi efek samping yang berdampak untuk kesehatan, banyak wanita sekarang yang mempercayakan kesehatannya reproduksinya pada bahan yang alami. Karena akan sangat mengurangi risiko pada kemudian harinya.


Namun sebelum kita membahas tentang cara menghilangkan keputihan maka akan kita bahas dulu cara untuk membedakan keputihan yang sehat dan yang tidak sehat. Karena hal ini akan menjadi sangat penting untuk diketahui para kaum wanita.


Keputihan yang tidak sehat biasanya akan mengakibatkan rasa nyeri pada bagian perut bawah.


Keputihan yang tidak sehat juga akan memunculkan rasa gatal pada area vagina.


Untuk tekstur keputihan yang tidak sehat akan memiliki tekstur yang tipis dan basah. Akan terlihat seperti lendir dan sangat susah untuk dibersihkan.


Keputihan yang sehat akan memiliki tekstur seperti gumpalan, berwarna kekuningan jika menempel pada celana dalam.


4 hal yang ada di atas adalah hal yang akan membedakan bagaimana itu keputihan yang sehat dan yang tidak sehat. Dengan mampu membedakan gejala yang dialami maka para wanita akan bisa melakukan tindakan atau bahkan pencegahan untuk kesehatan reproduksi alat vital wanita.


Kemudian setelah bisa membedakan hal yang sudah dijelaskan di atas, maka akan menjadi hal yang penting untuk mengetahui cara menghilangkan keputihan secara alami. Tentu saja hal ini akan sangat penting diketahui dan dipahami para kaum wanita. Karena dengan melakukan pengobatan secara alami, bahan yang dibutuhkan akan sangat mudah dicari dan tentu saja hasilnya akan lebih efektif. Berikut adalah cara-cara untuk menghilangkan keputihan dengan cara yang alami.


1. Menggunakan Jahe


Jahe memang menjadi salah satu jenis rempah yang biasa kita jadikan bahan untuk memasak atau dijadikan minuman hangat. Ternyata dengan kebiasaan untuk mengkonsumsi jahe hangat dapat untuk menghilangkan keputihan. Sehingga cara menghilangkan keputihan dengan memanfaatkan jahe ini memang terbilang sangat mudah. Yaitu hanya dengan minum jahe hangat secara rutin. Sebab kandungan yang terdapat pada jahe bisa menghilangkan bakteri yang menyebabkan keputihan.


2. Biji Fenugreek


Cara menghilangkan keputihan yang lain adalah dengan menggunakan biji fenugreek. Biji ini memang memiliki kandungan yang sangat baik untuk menyeimbangkan pH yang ada di vagina. Sehingga mampu menjaga pH menjadi normal. Dengan normalnya pH, maka perkembangan bakteri pada vagina dapat berkurang, sehingga dapat menghilangkan keputihan yang tidak sehat.


3. Jus Delima dan Madu


Minum jus yang kaya dengan kandungan vitamin dan antioksidan adalah hal yang sangat bagus untuk mencegah terjadinya keputihan. Maka dari itulah dengan mengkonsumsi jus delima yang memiliki kandungan nutrisi yang mampu untuk mencegah perkembangan bakteri pada vagina. Dengan meminum jus delima dan dicampur dengan madu, para wanita bisa mencegah serta mengobati terjadinya keputihan.


4. Konsumsi Pisang


Hal yang menyebabkan terjadinya keputihan adalah karena hormon pada alat reproduksi wanita tidak seimbang. Dengan begitu maka sangat baik untuk perkembangan bakteri pada vagina. Salah satu cara menghilangkan keputihan secara alami adalah dengan mengkosumsi buah pisang. Karena dalam buah pisang terdapat kandungan yang mampu menyeimbangkan hormon pada alat reproduksi. Maka, dengan memakan buah pisang secara rutin dapat mencegah dan menghilangkan keputihan yang tidak sehat.


5. Menggunakan Cuka Apel


Dengan menggunakan cuka apel, maka keputihan dapat dihilangkan dan dapat pula dicegah secara alami. Karena memang cuka apel memiliki zat yang mampu untuk menetralkan pH pada vagina. Dengan normalnya pH pada vagina akan mencegah terjadinya perkembangan bakteri yang menyebabkan keputihan. Untuk cara penggunaannya bisa dengan mencampurkan cuka sari apel dengan air hangat. Untuk rasa yang lebih nikmat, bisa sedikit ditambah madu. Dan minum secara rutin.


6. Jus Basil dan Susu


Dengan bahan yang alami sepeti jus basil, maka keputihan yang tidak sehat bisa dengan mudah diatasi. Karena memang kandungan pada daun basil bisa menjaga tingkat pH pada vagina. Dengan begitu, maka keputihan yang tidak sehat bisa dengan mudah hilang. Untuk cara menggunakannya juga sangat mudah. Para wanita bisa membuat jus daun basil dan meminumnya. Namun memang rasanya tidak akan sedap. Untuk menambah cita rasa, maka bisa juga ditambahkan susu yang rendah lemak. Dengan begitu maka bisa dikonsumsi secara rutin.


7. Mengonsumsi Banyak Air Mineral


Selanjutnya cara menghilangkan keputihan adalah dengan minum air mineral yang banyak. Memang, pada dasarnya air mineral adalah kebutuhan pada setiap manusia. Maka dari itu, dengan meminum air mineral, bakteri yang ada pada vagina dapat diluruhkan pada saluran pembuangan. Dengan begitu maka keputihan bisa dicegah dengan cepat dan sangat mudah untuk dilakukan.


8. Air Daun Sirih


Daun sirih memang sangat berguna untuk kesehatan reproduksi wanita. Karena memang khasiat daun ini bisa untuk mencegah datangnya keputihan dan menghilangkan keputihan. cara menghilangkan keputihan dengan menggunakan daun sirih memang sangat mudah. Pertama, bisa dengan mandi menggunakan rebusan daun sirih. 


Dengan begitu maka bakteri yang ada di vagina bisa hilang dan menetralkan pH pada vagina. Cara kedua, biasa dengan meminum rebusan daun sirih. Karena memang bakteri yang menyebabkan keputihan tidak sehat bisa hilang dengan cara meminum rebusan daun sirih. Dengan cara inilah keputihan bisa dihilangkan dengan sangat mudah dan sederhana.


9. Menggunakan Biji Rami


Salah satu cara menghilangkan keputihan adalah dengan menggunakan biji rami. Memang biji rami sangat terkenal untuk menjaga kadar lendir yang ada di vagina. Dengan memakan biji rami maka kandungan pH yang ada di vagina akan menjadi stabil. Biji rami merupakan jenis rempah yang mudah untuk dicari. Untuk mengonsumsinya, bisa dengan buah alpukat. Dan bisa dilakukan secara rutin dalam waktu satu hari sekali.


10. Minum Air Rebusan Beras


Untuk menghilangkan keputihan yang tidak sehat, para wanita bisa menggunakan air rebusan besar. Caranya pun sangat mudah, jika menanak nasi, perhatikan air yang mendidih tersebut. Jika sudah mengental dan memutih, ambil dengan menggunakan sendok. Lalu biarkan hingga dingin. Jika sudah dingin bisa ditambahkan dengan susu atau gula agar sedikit berasa. Minum secara rutin. Cara ini diakui ampuh untuk menghilangkan bakteri yang menyebabkan keputihan pada vagina.


11. Menggunakan Bawang Putih


Untuk menghilangkan keputihan secara alami, menggunakan bawang putih adalah cara yang tepat. Karena kandungan yang ada pada bawang putih bisa bermanfaat sebagai anti bakteri. Dengan begitu bakteri yang ada pada vagina bisa diluruhkan menggunakan bawang putih. Makan bawang putih memang bukan hal yang mudah, namun bawang putih memang terkenal ampuh untuk menghilangkan keputihan pada wanita.


12. Menggunakan Jus Lemon


Menghilangkan keputihan bisa dengan menggunakan buah kuning yang kaya khasiat ini. Ya, lemon memang terkenal dengan buah yang kaya dengan anti oksidan yang mampu membasmi bakteri pada tubuh. Maka dengan mengonsumsi buah ini, bakteri yang menyebabkan keputihan pada vagina dapat terselesaikan dengan mudah.


13. Makan Sayuran Hijau


Pola hidup yang sehat adalah cara menghilangkan keputihan yang paling tepat. Tentu saja hal ini akan sangat berpengaruh dengan makanan yang dicerna dalam tubuh. Maka untuk menghilangkan keputihan bisa dengan makan sayuran hijau dengan rutin. Dengan memakan sayuran hijau yang kaya vitamin dan nutrisi lain, kadar pH pada vagina akan menjadi netral. Dengan begitu, keputihan dan dihilangkan dan dicegah sejak dini.


14. Menggunakan Yogurt


Dengan mengonsumsi yogurt setiap hari bisa menjadi salah satu cara menghilangkan keputihan. Karena pada yogurt terdapat kandungan probiotik yang sangat apuh untuk melawan bakteri pada vagina. Dengan menggunakan bahan ini, maka keputihan bisa ditangkal dengan cepat dan tidak akan muncul lagi. Apalagi untuk saat ini yogurt sudah sangat mudah sekali untuk didapatkan. Bisa dengan mudah dibeli di supermarket sekitar.


15. Melakukan Yoga


Kesehatan tubuh secara ragawi menjadi salah satu cara menghilangkan keputihan yang alami dan sangat mudah untuk dilakukan. Salah satu olah raga yang diakui dapat menghilangkan keputihan adalah yoga. Karena dipercaya olah raga ini mampu menyeimbangkan hormon yang ada pada wanita. Selain itu, dengan melakukan olah raga ini bentuk tubuh akan semakin menarik dan akan tetap sehat.


Ada banyak hal yang sudah dijelaskan di atas untuk menghilangkan keputihan pada vagina wanita. Memang bukan hal sangat mudah untuk dilakukan. Namun hal yang ada di atas bisa dilakukan dengan sangat sederhana. Dan tentu saja bahan yang dibutuhkan sangat mudah untuk dicari.


Untuk cara menghilangkan keputihan memang bisa dilakukan dengan cara yang dijabarkan di atas. Namun tentu cara di atas harus dilakukan secara rutin. Karena keputihan bisa muncul kapan saja. maka dari itu, pencegahan akan keputihan harus dilakukan sejak dini. Sehingga, kesehatan vagina wanita bisa dijaga dengan baik.


Tentu tidak hanya cara menghilangkan keputihan yang menjadi hal penting. Namun pencegahan agar tidak terjadi keputihan yang tidak sehat juga harus dilakukan. Maka untuk ulasan berikutnya akan kita sampaikan cara untuk mencegah terjadinya keputihan yang tidak sehat.


16. Tidak Menggunakan Produk Pembersih Vagina


Menggunakan pembersih vagina memang kadang menjadi pilihan untuk para wanita. Namun ternyata, zat kimia yang ada pada produk tersebut mampu membunuh semua bakteri yang ada pada vagina. Sedangkan vagina juga memerlukan bakteri baik untuk kebersihan vagina. maka sangat disarankan untuk menggunakan pembersih vagina secara alami seperti yang sudah dijelaskan.


17. Kurangi Makanan Berminyak


Apa yang kita maka juga akan berpengaruh terhadap kebersihan vagina. dengan mengonsumsi makanan yang berminyak, maka produksi hormon pada wanita menjadi tidak seimbang. Hal ini nantinya yang akan memicu terjadinya keputihan. Maka untuk menjaga kesehatan, jangan terlalu banyak makan makanan yang memiliki kadar minyak atau lemak yang tinggi.


18. Menggunakan Panty Liner


Dengan menggunakan panty liner memang menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya keputihan. Karena panty liner akan menjaga kebersihan di vagina. Tentu dengan menggunakan panty liner juga bisa menjadi cara menghilangkan keputihan. Karena memang cara untuk menghilangkan keputihan adalah dengan menjaga kebersihan vagina.


19. Membersihkan Vagina Dengan Tepat


Kebersihan vagina adalah hal penting untuk menghindari keputihan bagi wanita. Karena memang masih banyak yang salah dalam hal membersihkan vagina. Apalagi setelah melakukan buat air besar atau air kecil. Langkah yang tepat untuk membersihkan vagina adalah dengan menggunakan air yang mengalir dan dari arah depan ke belakang. Dengan melakukan pembersihan yang tepat, maka jumlah bakteri yang ada pada vagina juga akan sangat berkurang. Sehingga keputihan yang tidak sehat tidak akan muncul pada vagina.


20. Kurangi Kebiasaan Mandi Busa


Jika para wanita sering melakukan mandi busa, maka hal ini akan semakin memperparah keputihan yang dialami. karena dengan melakukan mandi busa, rongga vagina akan semakin lembap. Dengan begitu, bakteri jahat akan sangat mudah sekali untuk berkembang. Oleh karena itu, kurangi kebiasaan untuk mandi busa. Dengan begitu maka keputihan bisa dicegah.


21. Menggunakan Kondom


Hubungan seksual juga menjadi salah satu penyebab terjadinya keputihan. Maka penggunaan kondom saat berhubungan seksual akan menjadi cara efektif untuk mengurangi bakteri yang akan masuk pada rongga vagina. Atau para perempuan bisa menjaga kebersihan alat kelamin pasangan sebelum melakukan hubungan seks. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya keputihan.


22. Menggunakan Pakaian Dalam Yang Nyaman


Pemilihan pakaian dalam memang menjadi hal yang sangat penting untuk mencegah terjadinya keputihan. Maka dari itu, pemilihan bahan untuk celana dalam menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Untuk mengurangi penyebab keputihan, maka pilih bahan celana dalam yang tidak mengakibatkan vagina menjadi lembap. Karena jika vagina lembap, maka pertumbuhan bakteri akan semakin meningkat.


23. Kurangi Konsumsi Kafein


Kafein merupakan salah satu penyebab terjadinya keputihan bagi wanita yang mengonsumsi kafein terlalu banyak. Karena jika kadar kafein dalam tubuh terlalu banyak akan menyebabkan hormon pada organ reproduksi wanita menjadi tidak normal. Sehingga pH di vagina akan menjadi tidak stabil. Dengan begitu pertumbuhan bakteri akan semakin besar. Maka untuk mencegah keputihan bisa dengan mengurangi konsumsi kafein dengan jumlah yang berlebih.


Nah, sudah cukup banyak penjabaran yang sangat penting untuk mencegah dan cara menghilangkan keputihan dengan cara yang alami. Maka untuk para perempuan yang khawatir tentang adanya keputihan pada organ seksualnya, langkah yang ada di atas bisa dilakukan di rumah.


Untuk cara lain yang bisa dilakukan dan melengkapi 32 cara menghilangkan keputihan adalah dengan mengonsultasikan kesehatan reproduksi wanita anda pada dokter yang berpengalaman tentang masalah seksual. Akan ada banyak sekali klinik yang bisa memberikan pelayanan dan memberikan pengobatan yang profesional.


Namun akan sangat diwajibkan dan diharuskan untuk melakukan pencegahan sebelum terjadi. Maka cara pencegahan yang ada di atas juga akan sangat berguna jika dilakukan secara rutin. Sehingga kesehatan alat reproduksi pada wanita akan selalu dijaga dengan baik. Dan tidak akan mengalami keputihan.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)