21+ Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Mudah dan Cepat

EDY SYAM
0

 

21+ Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Mudah dan Cepat
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Mudah dan Cepat

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami - Sebenarnya Cara Mengatasi Jerawat tidaklah terlalu sulit, namun perlu kesabaran dan keseriusan. Cara menghilangkan jerawat yang kurang tepat dapat menyebabkan jerawat semakin parah. Makanya sering kita dengar bahwa semakin kita obati semakin banyak jerawat yang muncul.


Padahal sebenarnya dengan pengobatan yang tepat hal ini tidak akan terjadi. Kehadiran jerawat sering mengganggu khususnya bagi para remaja yang memasuki masa puber, di mana ada perubahan hormonal yang mendukung munculnya jerawat pada muka kita.


Namun jerawat juga dapat disebabkan kurang bersihnya lapisan kulit muka kita, karena debu atau kotoran lainnya. Nah dengan mengetahui penyebab terjadinya jerawat, maka kita dapat melakukan cara menghilangkan jerawat atau perawatan yang berbeda. Ada beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan jerawat seperti biasakan mencuci muka 2 kali tiap hari karena hal ini dapat menghilangkan jerawat.


Ada beberapa jenis jerawat, yaitu jerawat pasir, dan jerawat batu.


Pilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda, hal ini akan mengurangi faktor terjadinya jerawat. Hindari kosmetik berminyak, karena kosmetik berminyak dapat menyebabkan munculnya jerawat. Usaplah wajah anda dengan handuk sehingga kering, karena kulit yang lembap dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Usahakan untuk minum air putih yang cukup, minimal 2 liter sehari, maka kulit kita akan selalu fit dan sehat.


Gunakan pelembap, karena pelembap dapat membantu menyehatkan kulit khususnya untuk menghindari kulit kering dan pecah-pecah. Namun perlu diingat, jangan sampai menggunakan pelembab berminyak. Dan saat ini sudah banyak produk kosmetik yang berbahan dasar air.


Biasakan untuk mencuci muka sebelum tidur agar proses regenerasi kulit berjalan lancar. Biasakan mengonsumsi buah dan sayur. Jangan suka bergadang, usahakan tidur yang cukup dan teratur. Dengan begitu anda bisa menghindarkan wajah anda dari jerawat yang membandel.


Baca juga : 21+ Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami


Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami


1. Soda kue dan air


Anda tentunya mengetahui apa itu soda kue. Soda kue atau yang dikenal sebagai baking soda biasanya digunakan untuk membuat kue. Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa soda kue bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Karena pasalnya soda kue dapat menyeimbangkan PH pada kulit anda sehingga dapat mencegah terjadinya jerawat.


Selain itu soda kue juga bisa dijadikan sebagai antiseptik yang digunakan untuk membasmi jerawat yang membandel. Caranya adalah anda bisa mencampurkan 2 sdm soda kue dengan air secukupnya. Buatlah seperti masker yang agak kental. Kemudian anda bisa mengoleskannya ke wajah anda. Pastikan wajah anda telah bersih. Diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian anda bisa membilasnya dengan air hangat.


Soda kue memang bisa membantu anda untuk menghilangkan jerawat namun biasanya kulit anda akan cenderung menjadi kering. Maka sebaiknya anda gunakan pelembap untuk menjaga kulit anda tetap lembap. Baca juga : Cara memutihkan wajah secara alami.


2. Alpukat dan madu


Seperti yang diketahui bahwa alpukat adalah salah satu buah yang kaya dengan kandungan vitamin E di mana dapat menembus pori pori sehingga bisa mengatasi peradangan pada kulit anda. Sedangkan madu banyak mengandung hidrogen peroksida yang bersifat anti bakteri.


Sehingga jika keduanya digabungkan maka bisa menghasilkan masker yang membantu menghilangkan jerawat. Potong alpukat menjadi dua bagian kemudian kerok isinya, campurkan setengah buah alpukat yang telah dihaluskan dengan 1 sdm madu. Aduk secara rata sampai mengental seperti masker. Kemudian oleskan merata ke seluruh kulit yang berjerawat. Diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air.


3. Yogurt dan madu


Yogurt mengandung beberapa bakteri baik yang dapat membantu untuk mengangkat sel kulit yang mati dan menyumbat pori pori dan mampu menyebabkan jerawat. Anda bisa mencampurkan 2 sdm yogurt dicampurkan dengan 1 sdm madu kemudian aduk rata. Kemudian anda bisa mengoleskan kebagian wajah.


Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air hangat. Anda bisa menggunakan masker ini secara teratur untuk mengurangi jerawat.


4. Jeruk nipis


Kandungan jeruk lemon dengan jeruk nipis tidaklah jauh berbeda. Sehingga bisa membantu anda dalam mengatasi jerawat. Belah jeruk nipis menjadi dua bagian kemudian oleskan pada wajah anda secara merata. Kemudian tunggulah selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.


5. Pisang dan kunyit

Dalam buah pisang mengandung beberapa zat yang dibutuhkan kulit seperti anti oksidan, potasium dan vitamin E. Di mana beberapa zat tersebut dibutuhkan oleh kulit anda untuk membuat kulit cerah dan lembap. Selain itu dalam buah pisang juga terdapat zat lektin yang mana digunakan untuk menghambat bakteri penyebab jerawat. Sedangkan pada kunyit mengandung kurmuninoid yang bisa bermanfaat sebagai obat peradangan kulit.


Haluskan satu buah pisang kemudian tambahkan dengan setengah sdm (sendok makan) bubuk kunyit dan setengah sdm soda kue. Kemudian aduk rata hingga berbentuk masker. Kemudian oleskan secara merata ke seluruh bagian wajah. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Jangan lupa tetap memakai pelembab agar kulit anda tetap sehat.


6. Jeruk lemon


Jeruk lemon mengandung asam askorbat-L di mana kandungan tersebut dapat membantu peradangan pada kulit, membersihkan pori pori yang tersumbat dan mampu membuat kulit menjadi lebih cerah dan mampu membantu anda untuk mengurangi jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.


Ambil satu buah lemon potong menjadi 2 kemudian peras. Tampung dalam sebuah wadah. Anda bisa menambahkan dengan madu jika anda inginkan. Oleskan pada wajah anda dan kemudian tunggu mengering selama kurang lebih 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.


7. Masker bawang putih


Kebanyakan dari kita tentu mengetahui bahwa bawang putih digunakan untuk memasak. Namun ternyata kegunaan dari bawang putih bukanlah hanya itu. Pasalnya bawang putih merupakan anti oksidan, anti jamur, anti virus dan antiseptik sehingga mampu membantu anda untuk merawat kulit anda.


Baca juga : 21+ Cara menghilangkan jerawat batu secara alami


Selain itu bawang putih juga mengandung zat sulfur yang dapat ampuh membantu anda untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Sebagai obat mengatasi jerawat ada dua cara untuk mengolah bawang putih. Yang pertama anda bisa memotong bawang putih menjadi dua bagian kemudian langsung mengoleskannya pada jerawat anda.


Cara kedua adalah menghaluskan beberapa siung bawang putih kemudian dijadikan masker dioleskan ke seluruh bagian wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.


8. Tomat


Tomat merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin A dan C sehingga bisa membantu anda untuk membasmi jerawat yang membandel. Terdapat dua cara untuk mengolah tomat menjadi obat penghilang jerawat.


Anda bisa memotong tomat tipis tipis menjadi beberapa bagian kemudian letakkan irisan tomat ke wajah anda. Atau anda bisa memblender beberapa buah tomat untuk dijadikan masker. Kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah anda dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.


9. Lidah buaya 


Lidah buaya mengandung senyawa yang disebut dengan polifenol. Di mana polifenol digunakan sebagai anti bakteri di mana bisa membantu anda untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Caranya adalah dengan mengupas lidah buaya dan sisakan bagian dagingnya saja.


Kemudian haluskan hingga berbentuk gel lembut. Oleskan merata pada bagian wajah anda. Diamkan selama kurang lebih 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan secara rutin maka secara bertahap jerawat anda akan menghilang.


10. Mentimun


Seperti yang kita ketahui bahwa mentimun mengandung banyak air dan mineral. Selain itu mentimun juga mengandung vitamin A, B, dan C. Mentimun juga memiliki sifat diuretik dimana mentimun dijadikan sebagai zat pendingin dan pembersih bagi wajah. Oleh karena itu mentimun sangat dianjurkan sebagai obat penghilang jerawat. Cara mengaplikasikannya hampir sama dengan penggunaan tomat.


Ada dua cara yang pertama anda bisa memotong mentimun tipis tipis dan meletakkannya ada wajah anda. Cara kedua anda bisa menghancurkan mentimun dengar blender agar lebih halus. Kemudian anda oleskan ke seluruh wajah anda. Diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.


11. Kulit Jeruk


Bukan hanya dagingnya saja namun kulit jeruk juga ternyata mengandung banyak manfaat. Pasalnya kulit jeruk mengandung vitamin A, C dan antioksidan yang tinggi serta memiliki serat yang tinggi pula. Sehingga kulit jeruk bisa bermanfaat untuk mengecilkan pori pori dan membasmi jerawat.


Selain itu kulit jeruk juga menyegarkan kulit yang kusam dan menghilangkan noda hitam diwajah. Caranya adalah kumpulkan kulit jeruk kemudian anda jemur pada sinar matahari. Ketika sudah kering maka tumbuk dan haluskan kulit jeruk kering tersebut hingga halus. Campurkan air sedikit, buatlah menjadi sebuah adonan masker. Kemudian oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.


12. Putih telur


Putih telur mengandung enzim lysozim yang bermanfaat untuk menghancurkan dinding sel bakteri penyebab timbulnya jerawat. Selain itu putih telur juga bisa digunakan sebagai bahan pengecil pori pori serta bisa mengurangi minyak yang berlebih pada kulit anda. Sehingga tentunya akan sangat cocok sebagai obat jerawat.


Pengaplikasiannya pun cukup mudah, ambillah satu butir telur, pisahkan antara putih dan kuningnya. Kemudian kocok putih telur hingga terlihat mengembang kemudian oleskan ke seluruh wajah anda. Ketika mulai kering rasanya kulit anda seperti tertarik.


Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air hangat. Karena bau putih telur sedikit amis, bagi anda yang tidak terlalu menyukai baunya bisa mencampurkan putih telur dengan perasan jeruk lemon agar menghilangkan bau amisnya.


13. Pepaya


Enzim papain yang terdapat pada buah pepaya dapat berfungsi untuk mengangkat sel sel kulit mati. Selain itu buah pepaya juga mengandung antioksidan yang bisa membantu mencerahkan kulit dan mengatasi peradangan akibat jerawat pada wajah.


Caranya adalah potong buah pepaya menjadi kotak kota kecil kemudian haluskan. Kemudian campurkan 1 sdm madu dan lemon aduk rata. Kemudian anda bisa mengoleskan merata pada bagian wajah, diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.


14. Daun pepaya


Bukan hanya dagingnya saja yang bisa menjadi obat penghilang jerawat namun daun pepaya juga bisa dijadikan pilihan lain sebagai obat penghilang jerawat. Karena dalam daun pepaya mengandung senyawa kaprpain yang berfungsi membunuh mikro organisme yang tidak diinginkan oleh kulit. Ambil 4 lembar daun pepaya kemudian keringkan dengan sinar matahari.


Kemudian tumbuk daun pepaya yang telah kering tersebut. Campurkan dengan sedikit air sehingga menjadi adonan. Kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah anda. Diamkan selama kurang lebih 30 menit kemudian bilas dengan air hangat.


15. Cuka apel


Seperti yang diketahui bersama bahwa apel adalah salah satu buah yang tinggi akan kandungan serat dan mineralnya. Oleh karena itu tentunya buah apel akan menjadi salah satu badan dasar dalam pembuatan cuka apel. Cuka apel sendiri memiliki kandungan asam asetat dan anti mikroba yang cukup tinggi. Sehingga sangatlah cocok sebagai obat penghilang jerawat.


Cara cukup tuangkan cuka apel secukupnya pada sehelai kapas kemudian oleskan secara merata pada kulit anda. Diamkan selama kurang lebih 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Jika anda ingin memaksimalkan manfaat dari cuka apel maka gunakanlah pada malam hari sebelum tidur dan biarkan sampai keesokan paginya. Kemudian pagi hari anda bisa mencuci muka seperti biasa.


16. Es batu


Seperti halnya meredakan lebam dengan es batu, begitu juga dengan jerawat. Ketika kulit anda sedang meradang maka anda bisa mengompres es batu pada wajah anda. Es batu membantu sirkulasi darah sehingga berjalan dengan lancar. Sehingga dapat membantu untuk menghilangkan jerawat.


Caranya cukuplah mudah bungkus es dengan sebuah kain halus kemudian letakkan bungkusan es tersebut ada jerawat anda diamkan selama beberapa detik. Untuk hasil yang lebih maksimal sebaiknya anda gunakan setiap hari secara rutin untuk mengurangi timbulnya jerawat lagi.


17. Menggunakan uap


Uap akan membantu anda untuk membuka pori pori kulit anda. Sehingga kotoran kotoran yang terperangkap bisa keluar. Caranya adalah anda masak air hingga mendidih, kemudian tampunglah dalam sebuah wadah. Kemudian ketika beruap hadapkan ke wajah anda.


Diamkan selama lima menit. Untuk hasil yang lebih maksimal sebaiknya lakukan ketika ingin tidur sehingga kotoran di wajah seharian bisa keluar semua. Dengan menggunakan metode alami secara rutin maka anda bisa mengurangi dampak dari kulit berjerawat anda dan bisa menghalangi datangnya jerawat kembali.


Selain melakukan perawatan rutin pada kulit anda sebaiknya anda juga menjaga pola makan anda. Usahakan banyak memakan buah dan sayuran yang berserat tinggi.


18. Membersihkan wajah sesering mungkin


terutama jika Anda memiliki kulit wajah berminyak. Baik ketika Anda memiliki jerawat maupun sebelum jerawat timbul. Kebersihan wajah menjadi kuncinya.


19. Masker wajah


Setelah wajah bersih, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah meredakan peradangan yang disebabkan jerawat yang ada. Kulit yang mengalami jerawat biasanya akan meradang. Beberapa masker alami bisa Anda gunakan untuk menghilangkan peradangan pada jerawat.


Beberapa masker tersebut di antaranya adalah masker kunyit, masker bengkoang, masker pepaya, masker pisang, madu, jeruk lemon, jeruk nipis, lidah buaya, masker tomat, dan buah-buah lain termasuk juga bawang putih. Beberapa orang juga menggunakan es batu untuk mengompres jerawat yang sedang meradang. Cara menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan alami tersebut memang harus dilakukan telaten, karena hasilnya dirasakan secara bertahap.


20. Mengecilkan pori-pori kulit


Setelah jerawat mulai mengecil dan tak meradang, hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengecilkan pori-pori kulit agar tak rentan mengalami jerawat. Selain lemon, bahan yang bisa digunakan untuk mengecilkan pori adalah putih telur. Biasanya juga digunakan untuk menghilangkan komedo di kulit wajah, khususnya area T.


Baca juga : Manfaat Daun Kemangi Untuk Jerawat dan Komedo


Gunakan masker lemon atau putih telur untuk membantu ukuran pori-pori akan lebih mengecil. Apabila jerawat Anda disebabkan oleh bakteri, maka cara menghilangkan jerawat jenis ini bisa dengan menggunakan madu yang memiliki senyawa antiseptik. Madu juga bisa membantu menghaluskan dan melembapkan kulit secara alami. Tidak semua kulit yang berjerawat itu kulit berminyak, terkadang kulit kering pun mengalami jerawat. Jadi penggunaan madu akan sangat cocok untuk jenis kulit tersebut.


21. Gunakan make up yang sesuai


Untuk mencegah datangnya jerawat kembali, gunakan jenis make up yang sesuai untuk kulit wajah Anda. Kenali jenis kulit Anda lebih dulu, apakah normal, kering, kombinasi, sensitif atau berminyak. Masing-masing harus menggunakan kosmetik yang sesuai agar tidak memicu tumbuhnya jerawat.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)