10+ Cara Menghilangkan Bau Mulut Untuk selamanya Secara Alami

EDY SYAM
0

cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya secara alami, cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya, cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang, cara menghilangkan bau mulut secara alami, cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis, cara menghilangkan bau mulut dengan garam, cara menghilangkan bau mulut kucing
Cara Menghilangkan Bau Mulut Untuk selamanya Secara Alami

Cara Menghilangkan Bau Mulut - Bau mulut menjadi salah satu kondisi yang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Kondisi ini juga bisa berpengaruh pada hubungan personal. Tahukah anda apa yang menyebabkan bau mulut? Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab munculnya kondisi ini, mulai dari mulut yang kurang bersih, kebiasaan yang kurang baik hingga indikasi penyakit tertentu. Berdasarkan penelitian yang dilakukan hingga saat ini sebagian besar bau mulut terjadi karena adanya masalah gusi atau masalah gigi seperti gigi berlubang.


Cara Menghilangkan Bau Mulut Untuk Selamanya Secara Alami


Bau mulut muncul ketika ada penumpukan bakteri pada gusi, gigi atau lidah. Ini terjadi jika kadar air liur dalam mulut turun. Air liur menjadi cara alami untuk membersihkan bakteri dalam mulut sehingga jika kadarnya menurun bakteri akan lebih mudah hidup. Mulut kering dapat anda alami karena diet, merokok, konsumsi makanan atau obat tertentu dan tarikan napas melalui mulut. Jika anda mengalami kondisi ini ada beberapa cara menghilangkan bau mulut secara alami yang bisa anda lakukan yakni:


1. Permen karet


Anda mungkin berpendapat bahwa permen karet rasa mint akan menutupi bau mulut yang tidak sedap. Permen karet memang bisa anda gunakan sebagai solusi masalah bau mulut. Bukan saja aroma mintnya, kunci sebenarnya terletak pada permen karet yang bisa merangsang produksi air liur. Air liur akan membantu membilas bakteri dalam mulut. Beberapa permen karet dibuat bebas gula dan dipermanis dengan xylitol. Xylitol bisa membantu membunuh bakteri jahat dalam mulut anda. Hindari konsumsi permen karet yang mengandung gula karena akan menambah jumlah bakteri.


2. Bersihkan mulut


Bau mulut tidak sedap terjadi karena adanya penumpukan bakteri dalam mulut, cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang maka sangat penting bagi anda untuk tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut. Potongan kecil makanan yang terperangkap di antara gigi atau tempat lain yang tidak anda ketahui bisa menjadi sarang bakteri yang menyebabkan bau mulut. Bukan hanya membersihkan mulut dengan pasta gigi atau obat kumur mencari sumber masalah tentu sangat penting agar anda bisa membersihkan mulut dengan baik. Bersihkan gigi, gusi, lidah dan langit-langit mulut dua kali sehari. Jangan lupa untuk pemeriksaan rutin dokter gigi.


3. Perbanyak minum air


Jika masalah mulut kering sangat mempengaruhi bau mulut maka menghindari mulut menjadi kering tentu perlu anda lakukan. Anda bisa memperbanyak konsumsi air untuk menjaga mulut tetap lembap. Air bisa menghalau mikroba kecil dalam mulut. Jika anda mengonsumsi obat tertentu yang membuat mulut kering, maka anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai kemungkinan penggantian obat.


4. Cengkeh


Cengkeh memiliki kandungan yang bisa menyingkirkan bakteri dan membantu menghilangkan bau mulut. Anda bisa mengunyah potongan cengkeh untuk menghilangkan bau mulut. Cara lain adalah dengan membuat teh cengkeh dengan merebus satu sendok teh cengkeh dalam secangkir air. Biarkan mendidih selama lima hingga sepuluh menit. Larutan ini selanjutnya bisa anda gunakan sebagai obat kumur.


5. Garam


Air garam menjadi salah satu obat alami pembasmi kuman atau bakteri di mulut yang paling ampuh. Cara menghilangkan bau mulut dengan garam bisa Anda lakukan dengan cara mencampurkan 1 sendok teh garam dengan 1 sendok teh baking soda ke dalam segelas air hangat kemudian aduk sampai larut. Selanjutnya gunakan larutan ini untuk berkumur-kumur selama 30 detik. Ulangi beberapa kali sampai air larutan habis.

Anda bisa melakukan cara menghilangkan bau mulut dengan garam ini secara rutin sebanyak 2x sehari. Sehingga kebersihan gigi dan mulut serta kesegaran napas anda senantiasa terjaga.


6. Adas


Adas menjadi salah satu bahan yang dapat bertindak sebagai pengharum mulur sekaligus membantu mengendalikan bau mulut. Adas mengandung sifat anti mikroba yang akan melawan bakteri di dalam mulut. Anda bisa mengunyah satu sendok makan adas secara perlahan untuk merangsang produksi air liur sekaligus menyegarkan napas. Teh adas juga dapat menjadi solusi yang menyenangkan. Gunakan satu atau dua sendok teh biji adas untuk membuat teh dalam secangkir air panas.


7. Kayu Manis


Kayu manis mengandung aldehida cinnamic, sebuah minyak esensial yang dapat menutupi bau mulut sekaligus mengurangi jumlah bakteri dalam mulut. Rebus satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam secangkir air. Anda juga bisa menambahkan kapulaga atau beberapa lembar daun salam. Saring campuran tersebut dan gunakan untuk berkumur.


8. Lemon / Jeruk Nipis


Cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis telah digunakan selama beberapa generasi. Kandungan asam dalam lemon dapat mencegah pertumbuhan bakteri dalam mulut. Aromanya yang enak juga akan menyamarkan bau mulut yang tidak sedap. Campurkan satu sendok makan perasan lemon atau jeruk nipis ke dalam secangkir air. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam dalam campuran ini. Ini akan membantu dalam mengatasi masalah mulut kering penyebab bau mulut.


9. Teh


Teh herbal ternyata juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi bau mulut. Kandungan antioksidan polifenil dalam teh hijau dan teh hitam bisa menghentikan pertumbuhan bakteri yang bertanggungjawab untuk masalah bau mulut. Teh herbal seperti teh sage juga bisa menjadi pilihan yang baik dalam mengatasi kondisi ini. Celupkan satu sendok teh sage kering ke dalam secangkir air panas selama lima menit. Saring dan minum teh tersebut agar napas tetap segar.


10. Probiotik

Banyak orang yang berpendapat bahwa berkumur dengan obat kumur akan membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut. Sebenarnya berkumur dengan obat tersebut tidak hanya membunuh bakteri jahat namun juga bakteri baik. Makan makanan yang mengandung bakteri baik bisa mengubah rasio jumlah bakteri baik dan bakteri jahat dalam mulut sehingga membuat napas memiliki bau lebih baik. Anda bisa coba konsumsi probiotik atau yoghurt.


11. Siwak 


Cara menghilangkan bau mulut menurut Islam bisa Anda lakukan dengan cara bersiwak atau gosok gigi. Cara ini sering dilakukan oleh Rasulullah SAW.


Di samping cara menghilangkan bau mulut di atas anda juga perlu memperhatikan makanan yang anda konsumsi. Buah dan sayur kaya serat akan membantu membersihkan makanan yang melekat pada gigi dan lidah. Makanan olahan dan gula putih dapat membantu bakteri untuk berkembang biak dalam mulut. Jika kondisi bau mulut tidak sedap tetap terjadi setelah anda mencoba perawatan di atas, berkonsultasi dengan dokter gigi bisa menjadi pilihan yang bijak. Konsultasi dengan tenaga profesional bisa membantu anda untuk mengindikasi jika terjadi masalah yang lebih serius.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)