23+ Cara Mencegah Kehamilan Secara Alami, Aman dan Mudah

EDY SYAM
0

23+ Cara Mencegah Kehamilan Secara Alami, Aman dan Mudah
Cara Mencegah Kehamilan Secara Alami



Memiliki anak adalah sebuah pilihan yang tidak semua orang inginkan. Ada juga keluarga atau pasangan yang ingin menunda kehamilan dengan berbagai alasan tertentu. Seperti alasan pekerjaan, pendidikan dan sebagainya.


Bukan ingin menghindar dari tanggung jawab, namun mempersiapkan diri untuk menerima tanggung jawab yang besar, yaitu seorang anak. Maka memilih untuk menunda kehamilan menjadi salah satu pilihan.


Memang ada banyak hal yang dipertimbangkan ketika ingin memiliki anak. Oleh karena itu banyak juga alasan untuk menunda kehamilan. Dengan begitu akan banyak sekali celah untuk mencari cara mencegah kehamilan yang aman tentunya.


Karena untuk mencegah kehamilan tentu akan ada risiko yang ditanggung. Oleh karena itulah mencegah kehamilan dengan cara aman yang harus digunakan. Agar suatu ketika jika kesiapan untuk mendapatkan anak tiba, kehamilan akan dengan mudah terjadi.


Ada banyak cara mencegah kehamilan yang aman dan tidak berisiko tentunya. Dengan menggunakan cara inilah maka menunda kehamilan bisa dilakukan. Tentu cara ini akan sangat berguna untuk para pasangan muda yang belum siap untuk mendapatkan momongan. Atau ingin meneruskan karir di pekerjaannya. Bahkan untuk meneruskan pendidikan dan menanti waktu yang siap.


Untuk cara mencegah kehamilan ada banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dengan mengikuti program KB, memakai cara yang alami, atau sampai konsultasi dengan dokter. Hal ini menjadi banyak hal yang dapat digunakan oleh para pasangan yang mau menunda kehamilan sampai pada waktu yang tepat. Karena kehamilan bukannya hal yang harus tepat waktu, namun mencari waktu yang tepat.


Maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas banyak cara untuk mencegah kehamilan. Mulai dari cara yang paling mudah untuk dilakukan hingga cara mencegah kehamilan yang bisa dilakukan menggunakan bahan yang alami. Berikut adalah berbagai cara untuk menunda terjadinya kehamilan dengan aman.


1. Mengurangi Berhubungan Intim


Memang untuk pasangan muda sangat sulit untuk mengurangi hubungan intim. Walaupun gairah seksual selalu muncul, dan hal ini bisa dikatakan sebuah kewajaran untuk dilakukan. Namun jika untuk menunda kehamilan hingga pada waktu yang tepat, kuantitas hubungan sekas juga harus dikurangi untuk mengurangi risiko kehamilan.


2. Menggunakan Alat Kontrasepsi


Untuk cara mencegah kehamilan yang aman dan bisa dilakukan dengan mudah adalah menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan seksual. Memang tidak akan menjamin bahwa jika menggunakan alat kontrasepsi akan menghindari dari kehamilan.


Namun dengan menggunakan alat kontrasepsi kehamilan dapat ditekan. Untuk menggunakan alat ini bisa menggunakan beberapa jenis, mulai dari kondom suntikan dan lain lain. Pilihlah sesuai dengan yang dibutuhkan dan cocok dengan tubuh anda.


3. Sterilisasi


Cara untuk mencegah kehamilan ini bisa dikatakan permanen. Jadi jika memang pasangan ingin menggunakan ini bukanlah untuk pasangan muda, namun untuk pasangan yang memang ingin menghindari terjadinya kehamilan lagi. karena jika sudah menggunakan cara mencegah kehamilan ini, kehamilan sudah tidak bisa terjadi lagi.


Ada banyak cara untuk melakukan sterilisasi, misalnya seperti pemotongan, pengikatan, atau penutupan tuba falopi, atau bahkan sampai mengangkat rahim. Untuk suami, bisa dilakukan vasektomi, sehingga tidak akan bisa membuahi sel telur sang istri.


4. Perhitungan Kalender Subur


Untuk cara selanjutnya adalah dengan menghitung kalender menstruasi istri. Dengan cara ini mencegah kehamilan bisa dilakukan dengan sangat mudah. Karena dalam fase menstruasi akan ada masa subur dan masa tidak subur. Maka pasangan bisa melakukan hubungan saat fase tidak subur dan tidak sampai membuahi sel telur.


Untuk perhitungan masa subur bisa dilihat dari fase haid. Jika 2 minggu sebelum haid maka wanita sedang dalam masa subur. Dengan begitu saat berhubungan seks pada fase itu sel telur akan langsung berhasil untuk dibuahi. Dan kemungkinan besar akan terjadi kehamilan karena sel telur sedang matang matangnya.


Namun jika melakukan hubungan seks dalam 1 minggu setelah haid bisa mencegah terjadinya kehamilan. Karena sel telur belum matang. Maka untuk mencegah kehamilan bisa dilakukan dengan melakukan hubungan seks ketika minggu pertama setelah haid.


5. Minum Kiranti


Kiranti sangat familiar untuk para wanita untuk mengurangi rasa nyri saat haid. Selain itu kiranti juga sangat berguna untuk melancarkan haid. Namun siapa yang tau bahwa dengan meminum kiranti dapat mencegah kehamilan.


Karena kandungan di dalam kiranti mampu untuk memicu terjadinya haid. Dengan begitu tidak akan ada pertumbuhan janin pada rahim. Sehingga kehamilan dapat dicegah dari awal walaupun sudah melkukan hubungan seks.


6. Menggunakan Nanas Muda


Banyak yang bilang jika memakan nanas muda saat sedang hamil muda dapat menggugurkan kandungan. Kepercayaan ini sudah sangat banyak dibicarakan oleh masyarakat kita. Dan faktanya hal tersebut memang benar demikian.


Nanas muda ternyata juga dapat digunakan untuk cara mencegah kehamilan. Hal ini dikarenakan nanas mengandung enzim bromelain yang mempunyai sifat panas pada rahim wanita. Sehingga mengakibatkan sel telur tidak mampu berubah menjadi zigot dengan panas yang dihasilkan dari buah nanas.


7. Menggunakan Daging Mentah


Cara mencegah kehamilan selanjutnya adalah dengan menggunakan daging mentah. Memang bahan ini sangat sering dibicarakan dapat menunda kehamilan. Untuk menggunakan daging sebagai bahan menunda kehamilan bisa dilakukan setelah pasangan melakukan hubungan seksual.


Untuk mengonsumsi daging mentah memang cukup susah. Maka para pasangan terutama istri bisa memakannya dalam bentuk sushi atau dihaluskan terlebih dahulu. Daging mentah memiliki banyak bakteri yang masih hidup dan itulah yang akan bekerja untuk mencegah kehamilan anda.


8. Menggunakan Pepaya Muda


Buah pepaya memang biasa untuk dikonsumsi saat matang. Dengan kulit yang agak kekuningan dan sudah mulai empuk biasanya bisa dikonsumsi untuk buah-buahan. Namun ternyata buah ini bisa sangat berguna untuk mencegah kehamilan jika masih muda. Kandungan enzim dan getah pepaya muda akan berkontraksi dengan rahim dan mengakibatkan gagalnya pembuahan.


9. Menggunakan Makanan Laut


Bahan yang selanjutnya untuk cara mencegah kehamilan adalah dengan menggunakan makanan laut atau seafood. Cara untuk menggunakan bahan ini ternyata sangat mudah. Hanya perlu dengan mengasapi bahan dari laut dan memakannya.


Atau bisa juga dengan memakannya dalam kondisi masih segar. Biasanya bisa dengan cara membuat sushi atau sashimi. Bakteri listeria yang terkandung di dalam ikan akan mengontaminasi rahim, sehingga besar kemungkinan tidak terjadi kehamilan dalam waktu yang dekat.


10. Mengonsumsi Lidah Buaya


Bahan lidah buaya umumnya digunakan untuk perawatan kulit atau rambut. Karena memang daun lidah buaya sangat banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Dan ternyata lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah kehamilan.


Cara memanfaatkan lidah buaya untuk mencegah kehamilan yaitu dengan membuat jus dari bahan daging lidah buaya lalu diminum selagi segar.


11. Menggunakan Kerang


Kerang memang menjadi bahan konsumsi yang biasa dimasak. Karena memang selain rasanya yang enak, protein pada kerang juga sangat tinggi. Dengan memasaknya maka akan menambah cita rasa dan tidak mengurangi nutrisi pada kerang. Namun bila anda mengonsumsinya pada saat mentah, maka makanan ini akan dapat mencegah kehamilan. Dengan cara inilah pencegahan akan kehamilan bisa dilakukan.


12. Mengonsumsi Kepiting


Kembali cara mencegah kehamilan dengan menggunakan bahan masakan laut. Yaitu kepiting. Selain banyak mengandung nutrisi, mengonsumsi sangat sedap dan enak rasanya. Namun jika anda mengonsumsinya secara berlebih, maka akan sangat ampuh untuk mencegah kehamilan. Kandungan kolesterol di dalamnya akan mampu menghambat pertumbuhan janin anda.


13. Mengonsumsi Pare


Banyak sekali kandungan nutrisi pada buah yang pahit ini, seperti kalium, magnesium, vitamin B, dan zat besi. Tidak main – main khasiatnya, karena pare ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Namun dengan rasanya yang pahit, ternyata pare dapat menghambat pertumbuhan janin. Dan mampu untuk mencegah kehamilan pada kandungan.


14. Mengonsumsi Barley


Barley, merupakan bahan yang sarat akan nutrisi untuk tubuh. Dengan kandungan yang ada di dalamnya mampu untuk menyehatkan dan menopang kebutuhan gizi pada tubuh manusia. Namun ternyata kandungan yang ada pada barley juga mampu untuk mencegah kehamilan. Zat – zat yang terkandung di dalamnya dapat mengakibatkan kontraksi pada rahim dan menunda kehamilan.


15. Minum Soda


Minum minuman yang mengandung soda memang sangat dilarang untuk para wanita yang hamil. Namun jika para pasangan ingin menunda kehamilan. Minuman bersoda teryata sangat ampuh untuk digunakan. Kandungan karbonasi yang tinggi pada minuman bersoda akan bekerja dan berkontraksi dengan rahim, bahkan dengan janin sekalipun.


16. Susu Tanpa Proses Pasteurisasi


Minum susu memang sangat menyehatkan, namun jika anda mengonsumsi susu yang belum dipasteurisasi, maka susu ini akan bisa mencegah kehamilan pada rahim anda. Dengan meminum susu tanpa melalui proses pasteurisasi bisa mencegah kehamilan dan menghambat pertumbuhan janin. 


17. Mengonsumsi Alkohol


Bahan untuk cara mencegah kehamilan selanjutnya adalah dengan menggunakan alkohol. Walaupun alkohol tidak disarankan untuk mencegah kehamilan, namun ternyata cara ini cukup ampuh untuk mengurangi perkembangan janin pada kandungan. Karena alkohol mampu untuk mengurangi risiko pertumbuhan janin pada rahim.


18. Mengonsumsi Hati Hewan


Untuk cara pencegahan kehamilan selanjutnya adalah dengan menggunakan hati hewan. Dengan menggunakan hati hewan kehamilan dapat ditunda dan dicegah. Karena dalam hati hewan terdapat banyak kandungan kolesterol. Dengan banyaknya kandungan kolesterol makan mampu mencegah terjadinya kehamilan.


19. Mengonsumsi Kentang


Kentang memang kerap dijadikan bahan untuk memasak. Namun ternyata kentang bisa dijadikan bahan untuk cara mencegah kehamilan. Karena pada kentang terdapat kandungan solalin yang mampu untuk mengontraksi rahim sehingga tidak terjadi kehamilan.


Maka carilah kentang dengan tunas hijau. Konsumsi kentang dengan rutin akan mampu untuk mengurangi terjadinya kehamilan. Namun tentu saja harus pada kadar yang normal dan tidak berlebihan.


20. Mengonsumsi Telur Mentah


Untuk cara mencegah kehamilan adalah menggunakan bahan telur mentah. Biasanya telur dikonsumsi dengan keadaan matang dan memasaknya terlebih dahulu. Atau jika melihat orang memakan telur yang mentah untuk menambah energi.


Namun ternyata jika mengonsumsi telur dalam kondisi mentah dapat mencegah kehamilan. Karena pada telur mentah terdapat kandungan salmonella yang menghambat kesuburan rahim, bahkan mampu menghambat pertumbuhan janin yang sudah ada.


21. Buah Kelengkeng


Selanjutnya adalah buah kelengkeng. Buah yang berwarna coklat mudah dan memiliki daging putih ini memang sangat lezat untuk dikonsumsi. Namun ternyata dalam buah kelengkeng terdapat kandungan yang mampu untuk mencegah kehamilan. Jika buah kelengkeng dimakan secara berlebihan akan menimbulkan sifat panas pada rahim dan hal itulah yang akan mencegah pertumbuhan janin pada rahim.


22. Mengonsumsi Buah Apel Liar


Buah apel memang sangat lezat untuk dimakan dan dikonsumsi. Dengan kandungan vitamin yang banyak juga mampu untuk menyehatkan badan. Namun berbeda dengan buah apel liar. Rasa yang dimunculkan dari apel liar bukanya manis. Namun akan cenderung asam dan pahit.


Dengan rasa itu, maka mampu untuk mencegah kehamilan pada rahim. Karena biasanya rahim akan mengalami kontraksi jika mengonsumsi buah dengan rasa asam dan pahit.


23. Menggunakan Daun Pepaya


Untuk cara mencegah kehamilan yang selanjutnya bisa menggunakan daun pepaya. Daun ini memang kadang dijadikan masakan dengan cita rasa pahit di dalamnya. Namun ternyata rasa pahit ini bisa digunakan untuk mencegah kehamilan. Karena dengan rasa yang pahit akan menimbulkan panas pada rahim, dengan begitu pertumbuhan janin akan terhambat. Dan kehamilan tidak akan terjadi.


24. Menggunakan Brotowali


Rempah tradisional ini memang terkesan pahit untuk dikonsumsi. Namun kandungan yang ada di dalamnya mampu untuk membunuh bakteri yang ada pada tubuh. Selain itu bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


Namun ternyata bahan ini juga bisa dijadikan salah satu cara mencegah kehamilan dengan cara yang alami. Rasa pahit yang sangat bisa menghambat pertumbuhan janin di rahim. Dengan begitu, bisa digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan.


25. Menggunakan Biji Mahoni


Biji mahoni, untuk warga yang ada di perkotaan memang jarang menemukan bahan ini. Namun bahan ini sangat banyak ditemukan di pedesaan yang masih banyak terdapat pohon mahoni. Biji mahoni biasanya akan terbang saat sudah kering.


Nah, jika dibuka maka akan terlihat warna putih. Dan rasanya sangat pahit. Dengan mengonsumsi secara langsung, mampu untuk mencegah kehamilan. Karena rasa pahit di dalamnya mampu untuk mengurangi terjadinya pertumbuhan janin pada rahim.


Sudah dijelaskan di atas ada 25 cara mencegah kehamilan yang bisa dilakukan dengan mudah dan murah. Tentu saja cara yang sudah dijelaskan di atas sangat aman untuk dilakukan. Asalkan penggunaannya tidak berlebihan. Dengan menggunakan cara di atas, Anda insya Allah mampu untuk mencegah kehamilan hingga waktu yang tepat.


Selain cara-cara di atas pun, Anda juga bisa mencegah kehamilan dengan berkonsultasi langsung ke dokter kandungan. Karena dengan berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda akan mengerti celah untuk mencegah terjadinya kehamilan. Dengan saran dari dokter tersebut maka kehamilan mampu dicegah secara efektif dan tentu saja aman.


Dengan menggunakan cara yang aman, maka penundaan kehamilan untuk meneruskan pendidikan atau karir ataupun untuk dengan alasan lain akan sangat mudah. Namun tentu saja, hal ini harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Karena memang mempunyai seorang anak adalah pilihan, walaupun kapan akan datang kita semua juga tidak akan tahu.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)