21+ Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami, Mudah dan Cepat

EDY SYAM
0

21+ Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami, Mudah dan Cepat
Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami, Mudah dan Cepat


Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alam - Salah satu penyakit kulit yang sangat mengesalkan adalah jerawat. Hal ini memang sangat membuat jengkel karena penampilan pada bagian kulit yang terdapat jerawat menjadi tidak menarik. Apalagi jika jerawat susah untuk dihilangkan. Kalaupun bisa hilang tapi masih ada bekas jerawat pada kulit, maka akan sangat mengganggu penampilan kita.


Hal yang lebih buruk lagi jika kita terkena jerawat batu. Tentu akan sangat susah untuk dihilangkan dan rasanya juga tidak nyaman. Selain jerawat batu, ada juga yang disebut dengan jerawat pasir (jerawat kecil).


Jerawat memang hal yang wajar dialami para remaja atau bahkan dewasa. Namun jika sudah menginjak usia 30 ke atas, maka jerawat akan dengan sendirinya berkurang. Biasanya jerawat akan muncul pada bagian wajah. Namun juga tidak dipungkiri bahwa jerawat juga bisa muncul pada bagian kulit yang lain. Seperti, bibir, hidung, telinga, punggung dan bagian lain.


Penyebab utama munculnya jerawat adalah karena pori-pori kulit tertutup kotoran dan menimbulkan minyak yang akan keluar terhambat. Dengan begitu maka akan terjadi pembengkakan dan jerawat pun muncul. Penyebab lain munculnya jerawat juga beragam, ada karena makanan yang dikonsumsi, terlalu banyak minum soda, stres dan lain lain.


Akan menjadi sangat parah jika jerawat yang biasa dialami menjadi jerawat batu. Tentu hal ini karena sel kulit mati tidak bisa keluar dari pori-pori kulit. Sehingga menyebabkan pembengkakan yang meradang dan tidak bisa dihilangkan secara langsung.


Nah, oleh karena itu maka pada kesempatan kali ini Sehat-Selalu.com akan membahas tentang cara menghilangkan jerawat batu atau pasir paling manjur dan sangat mudah untuk dilakukan di rumah.


1. Menggunakan Lemon


Menggunakan cara alami adalah pilihan yang tepat untuk cara menghilangkan jerawat batu atau pasir. Karena memang tidak akan ada efek samping selama penggunaannya tidak berlebihan. Untuk yang pertama bisa menggunakan buah kuning yang sangat berkhasiat ini, yaitu buah lemon. Buah ini memang mengandung asam askorbat-L yang dapat mengurangi peradangan pada kulit. Cara untuk penggunaan juga sangat mudah. Hanya perlu mengoleskan cairan jerawat pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Dan tentu saja harus digunakan secara rutin agar khasiatnya lebih maksimal.


2. Menggunakan Madu


Penggunaan madu untuk menghilangkan jerawat sudah dilakukan dari zaman dahulu. Karena memang madu memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat dan mencegah datangnya jerawat baru. Bahkan bisa menghilangkan jerawat batu pada kulit.


Untuk menggunakan madu, maka langkah yang dilakukan pertama adalah mengoleskan pada jerawat batu. Tunggu hingga 45 menit atau sampai cairan madu mengental. Setelah itu basuh dengan air dingin dan keringkan. Lakukan hingga jerawat batu hilang.


Namun jika ingin menggunakannya sebagai perawatan wajah, maka lakukan cara di atas pada seluruh wajah. Dan lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali dalam 1 minggu.


3. Menggunakan Pepaya


Buah satu ini sangat manjur untuk cara menghilangkan jerawat batu dengan cara alami. Karena buah ini memiliki kandungan papain yang memiliki khasiat untung menghilangkan kulit mati dan juga memiliki antioksidan yang dapat mencerahkan kulit dan mengurangi peradangan pada jerawat batu.


Untuk cara penggunaan buah pepaya sangat mudah untuk dilakukan. Hanya perlu menghaluskan daging buah pepaya, lalu oleskan pada bagian kulit yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan menggunakan air hangat.


4. Menggunakan Kulit Jeruk


Cara menghilangkan jerawat batu dengan bahan alami lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan kulit jeruk. Karena kulit jeruk ternyata kaya dengan vitamin C dan asam alpha hidroksi yang mampu membersihkan kotoran yang menyumbat dan bahkan mengangkat sel kulit mati.


Cara menggunakannya juga sangat mudah. Keringkan kulit jeruk hingga benar-benar kering. Setelah itu haluskan kulit dengan menggunakan blender. Jika sudah campurkan serbuk tersebut dengan air. Lalu oleskan pada bagian yang terdapat jerawat. Tunggu sekitar beberapa menit. Lalu bilas menggunakan air hangat.


5. Menggunakan Lidah Buaya


Lidah buaya memang digunakan untuk perawatan rambut. Namun ternyata kandungan yang ada pada lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat batu. Dengan bahan yang alami ini, maka perawatan wajah juga bisa dilakukan.


Cara untuk menggunakan lidah buaya adalah dengan melakukan langkah pertama, yaitu membersihkan lidah buaya tersebut. Lalu potong dan ambil bagian dalam dari lidah buaya. Oleskan daging yang memiliki lendir tersebut pada kulit yang akan dirawat atau terdapat jerawat batu. Diamkan selama 5 menit. Kemudian bilas menggunakan air dingin.


6. Menggunakan Minyak Zaitun


Bahan lain yang manjur untuk cara menghilangkan jerawat batu adalah minyak zaitun. Karena minyak ini dipercaya memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk kesehatan kulit dan menghilangkan jerawat batu.


Cara menggunakannya juga sangat mudah. Hanya perlu mengoleskan pada wajah sambil memijat dengan pelan kulit yang terdapat jerawat. Kemudian diamkan dan bersihkan kulit dari minyak.


Karena minyak zaitun terbuat dari bahan alami dan tidak memiliki efek samping. Maka saat menggunakan minyak zaitun bisa dicampurkan dengan bahan lain.


7. Menggunakan Cuka Sari Apel


Bahan ke7 yang bisa digunakan untuk membersihkan wajah dari jerawat batu adalah cuka yang terbuat dari sari apel. Kandungan asam laktat dan asam malat teruji sangat ampuh untuk penyembuhan peradangan kulit yang terkena jerawat batu.


Untuk cara menggunakannya juga sangat mudah. Campurkan 95 ml air dengan 5 ml cuka. Kemudian oleskan pada bagian jerawat batu menggunakan kapas kecantikan. Diamkan selama kurang lebih 10 menit dan bilas menggunakan air hangat.


Penggunaan cuka ini akan lebih efektif jika digunakan pada malam hari. Dan biarkan cairan tersebut selama tidur.


8. Menggunakan Bawang Putih


Salah satu bumbu dapur ini ternyata juga memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat batu. Karena kandungan yang ada pada bawang putih bisa dengan cepat mengeringkan jerawat pada kulit.


Cara untuk menggunakannya hanya perlu menghaluskan bawang putih, lalu oleskan pada wajah dan tunggu beberapa menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, bawang putih juga bisa dicampurkan dengan cuka sari apel.


9. Menggunakan Putih Telur


Cara menghilangkan jerawat batu selanjutnya adalah dengan menggunakan putih telur. Karena kandungan yang ada di putih telur bisa membantu untuk mengurangi minyak pada kulit dan meredam peradangan pada jerawat batu.


Kocok cairan putih telur hingga berbusa dan mengembang. Oleskan putih telur pada kulit yang terdapat jerawat. Diamkan hingga mengering. Lalu bilang menggunakan air hangat.


10. Menggunakan Mentimun


Mentimun sangat berkhasiat untuk kesehatan kulit. Apalagi jika mentimun digunakan untuk menghilangkan jerawat batu pada kulit. Karena memang mentimun memiliki asam amino yang berfungsi untuk mengeluarkan racun pada tubuh, termasuk jerawat batu pada kulit.


Cara menghilangkan jerawat batu menggunakan mentimun sangatlah mudah. Hanya perlu mengiris mentimun dan menempelkan irisan tersebut pada bagian jerawat batu. Lakukan hal tersebut dengan rutin. Maka perawatan kulit juga bisa dilakukan secara sekaligus.


11. Menggunakan Alpukat


Alpukat ternyata sangat berfungsi untuk menghilangkan jerawat batu yang sangat mengganggu. Karena dalam buah alpukat terdapat vitamin E yang mampu mengurangi peradangan pada jerawat.


Untuk cara menggunakannya cukup diambil dagingnya dan haluskan. Untuk menambah khasiat maka campurkan dengan madu dan jeruk nipis. Lalu oleskan pada kulit yang terdapat jerawat batu. Diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air hangat.


12. Menggunakan Baking Soda


Cara lain untuk menghilangkan jerawat batu adalah dengan menggunakan baking soda yang biasanya digunakan untuk membuat kue. Memang zt5 ini memiliki antiseptik yang sangat berfungsi untuk menghilangkan jerawat batu.


Cara untuk menggunakan zat ini cukup mudah, pertama bersihkan muka. Lalu campurkan 2 sendok makan baking soda dengan sendok makan air. Lalu oleskan pada jerawat batu. Diamkan selama beberapa menit dan bilas menggunakan air hangat.


13. Menggunakan Pisang dan Kulitnya


Buah pisang memiliki kandungan yang sangat baik untuk kulit, sedangkan kulit pisang mampu untuk menghentikan peradangan pada kulit yang terkena jerawat batu. Sehingga mampu untuk meredam kulit yang terkena jerawat batu.


Cara menghilangkan jerawat batu menggunakan buah sekaligus kulitnya ini memang sangat ampuh. Hanya dengan mencampurkan kulit dan daging pisang dengan kunyit, lalu oleskan pada bagian wajah dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian bilas dengan air hanya. Lakukan dengan rutin maka jerawat batu dapat diatasi dengan mudah.


14. Menggunakan Daun Pepaya


Untuk menghilangkan jerawat batu pada wajah atau bagian lain pada tubuh, maka bisa menggunakan daun pepaya untuk masker wajah. Karena dalam daun pepaya banyak sekali mengandung vitamin A, B1, dan vitamin C yang sangat berguna untuk mengurangi peradangan pada kulit.


15. Menggunakan Uap


Jerawat batu memang sangat susah untuk dihilangkan. Namun dengan cara menghilangkan jerawat batu yang tlaten dan serius maka akan sangat mudah untuk mendapatkan kulit yang halus kembali. Salah satunya menggunakan uap. Cara ini memang terbilang ampuh untuk menghilangkan jerawat batu. Namun memang harus dilakukan dengan rutin.


Caranya cukup sederhana. Siapkan wadah yang berisi air panas yang menguap. Lalu letakan wajah di atas wadah tersebut sehingga terkena uap air panas. Lakukan ini selama beberapa menit.


16. Menggunakan Pasta Gigi


Hal yang sangat mudah untuk digunakan dalam menghilangkan jerawat batu adalah dengan menggunakan pasta gigi. Dalam pasta gigi terkandung beberapa zat yang bisa membantu untuk mengurangi peradangan pada kulit.


Namun cara menghilangkan jerawat batu menggunakan zat ini tidak direkomendasikan. Karena ada beberapa kulit yang sensitif jika menggunakan pasta gigi.


17. Menggunakan Yogurt


Zat yang terbuat dari fermentasi susu ini memang cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat batu dan menghaluskan kulit. Karena memang kandungan yang ada didalamnya sangat bermanfaat untuk melawan peradangan dan membuat kulit semakin bersih.


Cara untuk menggunakannya juga sangat mudah. Cukup gunakan sebagai masker pada kulit yang terdapat jerawat batu. Kemudian biarkan hingga kering. Setelah itu bilas menggunakan air hangat.  


18. Menggunakan Obat


Cara menghilangkan jerawat batu yang sangat mudah dan terbilang efektif adalah dengan menggunakan obat. Karena penyebab dari datangnya jerawat batu juga dari dalam tubuh. Maka penyembuhannya pun bisa melalui dalam. Maka dari itulah penggunaan obat untuk menghilangkan jerawat batu sangatlah manjur.


Jika ingin menghilangkan jerawat madu menggunakan obat, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi pada dokter wajah. Dengan begitu maka obat yang akan digunakan menjadi tepat dan penyembuhan akan sangat cepat.


19. Dengan Cara Facial


Sudah menjadi hal yang sangat wajar jika cara menghilangkan jerawat batu adalah dengan facial. Karena memang cara ini bisa dengan cepat untuk menghilangkan jerawat batu. Maka jika jerawat yang muncul sudah sangat mengganggu, segeralah untuk melakukan perawatan ini. akan banyak sekali klinik yang bisa dikunjungi untuk melakukan facial. Namun sangat disarankan untuk datang pada klinik yang memiliki lisensi dan profesional.


20. Menggunakan Mikrodermabrasi


Cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat batu pada kulit. Tidak hanya untuk menghilangkan jerawat memang. Namun juga bisa digunakan untuk perawatan wajah. Karena dengan menggunakan teknologi ini sel sel kulit mati bisa terangkat dan menghaluskan kulit.


Maka untuk cara menghilangkan jerawat batu yang ampuh adalah menggunakan cara ini. Namun tentu saja hanya bisa dilakukan pada klinik yang memiliki alatnya. Jadi, datanglah pada klinik yang sudah memiliki alat tersebut.


21. Menggunakan Laser


Untuk menghilangkan jerawat batu ada sebuah teknologi yang memang dikembangkan untuk kesehatan tubuh dan kulit. Yaitu menggunakan laser. Tentu saja, jika menggunakan laser, jerawat batu yang membandel akan langsung hilang dalam beberapa kali treatment. Karena laser akan langsung memberikan rasa panas dan merusak termal yang menyebabkan jerawat batu membandel.


Dengan menggunakan laser, memang akan ada efek samping yang dirasakan. Efek sampingnya berupa kemerahan yang akan muncul pada bekas kulit yang terkena laser. Namun hal tersebut akan hilang dalam beberapa hari saja.


Dan kehebatan dari cara menghilangkan jerawat batu ini adalah kecepatan untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya. Hanya dengan 2 kali treatment maka jerawat batu akan hilang dan bekas dari jerawat juga tidak akan muncul. Maka untuk menghilangkan jerawat dengan cara ini, bisa langsung menuju rumah sakit kulit atau klinik yang memiliki alat untuk melakukan laser.


Cara Lainnya


Cara menghilangkan jerawat batu atau pasir yang lain bisa dilakukan dengan mengurangi penyebab munculnya jerawat pada kulit. Cara untuk menguranginya sangat mudah, dengan selalu menjaga kebersihan kulit, menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari, melakukan olahraga rutin, dan tidak stres.


Dengan mengurangi penyebab terjadinya jerawat batu atau pasir, maka akan menghasilkan kulit yang bersih dan sehat. Karena kebersihan kulitlah yang akan sangat mempengaruhi munculnya jerawat pada kulit. Dari hal tersebut, perawatan kulit yang dilakukan setiap hari adalah kunci dari pengurangan penyebab jerawat batu atau pasir muncul.


Namun jika jerawat atau bahkan jerawat batu sudah muncul, cara menghilangkan jerawat yang ada di atas bisa dengan cepat untuk dilakukan. Nah, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yaitu mengetahui jenis kulit anda. Pengetahuan tentang jenis kulit akan sangat berpengaruh terhadap bahan atau treatment yang akan dilakukan. Karena jika salah menggunakan cara, kerusakan kulitlah yang akan didapatkan. Gunakanlah cara yang tepat dan lakukan dengan rutin. Kemudian jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kulit anda.


Berikut tadi adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat batu maupun pasir. Dengan cara di atas, maka jerawat batu atau pasir InsyaAllah dapat hilang dengan cepat. Maka jika anda terkena jerawat, pilihlah cara yang paling pas untuk dilakukan dan sesuaikan dengan jenis kulit anda masing-masing.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)